Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Caleg Pendatang Baru Menang karena Tebar Uang

Kamis, 17 April 2014 – 10:56 WIB
Caleg Pendatang Baru Menang karena Tebar Uang - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia Ari Junaedi mengatakan pemilu di Indonesia masih menempatkan rakyat sebagai komoditi politik. Sebagai komoditi politik, menurut Ari praktik jual-beli suara sulit untuk dihindarkan.

"Faktanya, pemilu di Indonesia masih sebatas jual-beli suara antara rakyat dengan para kandidat yang kuat modal. Untuk melegitimasi jual-beli suara, digunakan lembaga survei yang bertugas membangun opini di tengah-tengah masyarakat," kata Ari Junaedi, di gedung Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI,  Senayan, Jakarta, Rabu (16/4).

Dia menyebut ada sejumlah petahana anggota DPR yang terbilang bagus kinerjanya namun  terancam tidak lolos ke Senayan lantaran datang ke konstituen tidak bagi-bagi duit.

"Tapi hanya menyampaikan tugas-tugas yang sudah dan belum dia lakukan selama mewakili rakyat di DPR," ujar Ari.

Karena datang ke konstituen hanya bagi-bagi laporan kerja, rakyat tidak lagi memilihnya.

"Sementara caleg baru dengan modal kuat dan bagi-bagi duit, meski tidak berdialog dengan masyarakat pasti dipilih rakyat. Apakah ini semacam sanksi politik? Sulit juga bagi kita memahaminya," ungkap dia.(fas/jpnn)

JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia Ari Junaedi mengatakan pemilu di Indonesia masih menempatkan rakyat sebagai komoditi

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close