Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Catat! 69 Persen Koruptor Tangkapan KPK Kader Parpol

Jumat, 30 November 2018 – 23:32 WIB
Catat! 69 Persen Koruptor Tangkapan KPK Kader Parpol - JPNN.COM
Petugas kebersihan sedang membersihkan logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto/ilustrasi: Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni di Jakarta Pusat, Jumat (30/11). Direktur Pembinaan Jaringan Kerja Antar-Komisi dan Instansi KPK Sujanarko‎ pada pertemuan itu mengatakan, sebagian besar tangkapan lembaga antirasuah itu adalah kader partai politik.

"Yang mengkhawatirkan, 69 persen yang ditangkap KPK berlatar belakang parpol. Ini luar biasa," ujar Sujanarko dalam pertemuan yang digelar di DPP PSI itu.

Dengan persentase sebesar itu, kata Sujanarko, KPK pun gencar melakukan sosialiasi tentang antikorupsi kepada partai politik. Harapannya, kunjungan KPK ke PSI juga memacu partai yang dinakhodadi Grace Natalie itu bersih dari korupsi.

"Problem korupsi selesai kalau Indonesia menjamin pejabat yang diangkat dan dipilih adalah orang yang bagus. Jadi KPK lihat peran parpol sangat krusial," katanya.

Sedangkan Raja Juli Antoni mengatakan, PSI berkomitmen menjadi partai politik yang bersih. Upaya untuk itu sudah dimulai dalam perekrutan kader dan calon anggota legislatif.

"Ini bisa dilihat dari sistem rekrutmen kami yang terbuka, melibatkan mantan pimpinan KPK Bibit Samad Rianto hingga mantan Ketua MK Mahfud MD," pungkasnya.(gwn/JPC)

Direktur Pembinaan Jaringan Kerja Antar-Komisi dan Instansi KPK Sujanarko? mengungkapkan, sebagian besar koruptor yang diproses lembaganya adalah kader parpol.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA