Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cegah Kegiatan Ilegal di Perbatasan RI-Malaysia, TNI Periksa Barang Bawaan Pelintas

Minggu, 09 Juni 2024 – 15:50 WIB
Cegah Kegiatan Ilegal di Perbatasan RI-Malaysia, TNI Periksa Barang Bawaan Pelintas - JPNN.COM
Tim gabungan prajurit TNI melaksanakan pemeriksaan barang bawaan pelintas di jalan menuju PLBN Badau sebagai antisipasi dan pengawasan kegiatan ilegal di perbatasan Indonesia-Malaysia, di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Pendim 1206/Psb.

jpnn.com - KAPUAS HULU - Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus mencegah kegiatan ilegal di perbatasan RI-Malaysia di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Tim gabungan TNI memeriksa barang bawaan para pelintas di ruas jalan menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau untuk mencegah kegiatan ilegal di perbatasan RI-Malaysia.

"Pemeriksaan barang bawaan pelintas sebagai upaya pencegahan terhadap kegiatan ilegal terutama yang berkaitan dengan narkoba, senjata api dan juga minuman keras," kata Danramil Badau Letnan Satu (Lettu) Infanteri Fadliyanoor, di Badau, Kapuas Hulu, Minggu (9/6).

Fadliyanoor mengatakan upaya memperketat pengawasan daerah perbatasan dilakukan karena wilayah tersebut rawan terjadinya penyeludupan barang-barang ilegal. Dia menyebutkan bahwa yang perlu diantisipasi ialah peredaran minuman keras (miras) ilegal, senjata api dan narkoba.

Selain melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan pelintas, tim gabungan juga memberikan imbauan dan edukasi agar masyarakat tidak terlibat dalam peredaran atau penyeludupan barang-barang ilegal. "Harapan kami, pemeriksaan secara rutin tersebut dapat mempersempit ruang gerak pelaku kegiatan ilegal di perbatasan," kata Fadliyanoor.

Kepada masyarakat, Fadliyanoor juga berpesan untuk tidak terpengaruh oleh iming-iming pihak tertentu yang dapat menjerumuskan ke dalam kegiatan ilegal.

"Kami ajak masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kewaspadaan terhadap kegiatan ilegal dan apabila mengetahui dapat melaporkan segera kepada petugas terdekat," ucapnya.

Fadliyanoor mengatakan pemeriksaan di jalanan tersebut akan dilaksanakan secara rutin, yang juga merupakan perintah pimpinan dalam menciptakan perbatasan yang aman dan terkendali. (antara/jpnn)

TNI memeriksa barang bawaan pelintas untuk mencegah kegiatan ilegal di wilayah perbatasan RI-Malaysia di Kapuas Hulu, Kalbar.

Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close