Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cegah Klaster COVID-19, BIN Gelar Swab Test di Ditjen Anggaran Kemenkeu

Selasa, 11 Agustus 2020 – 21:47 WIB
Cegah Klaster COVID-19, BIN Gelar Swab Test di Ditjen Anggaran Kemenkeu - JPNN.COM
Kegiatan swab test BIN di lingkungan perkantoran. Foto: dok Humas BIN

jpnn.com, JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) kembali menggelar swab test massal di lingkungan perkantoran. Kali ini, tes usap dilakukan Direktorat Jenderal (Ditjen) Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Kegiatan ini merupakan arahan langsung dari Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan dalam rangka membantu pemerintah mempercepat pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Koordinator Wilayah Sub Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 BIN, Sony Arifianto mengatakan, swab test ini mengakomodir pegawai di lingkungan Ditjen Anggaran Kemenkeu yang hasilnya menunjukan reaktif dari rapid test yang dilakukan oleh internal Ditjen Anggaran Kemenkeu. Mereka yang reaktif langsung diikutkan swab test dengan mobile PCR test milik BIN.

“Kami melakukan swab test menindaklanjuti hasil dari rapid test dari Dirjen Anggaran Kemenkeu," ucap Sony kepada wartawan di kantor Kemenkeu, Jakarta Pusat, Selasa (11/8).

Sony mengungkapkan, BIN menyediakan 30 tenaga medis dan satu unit mobile PCR test untuk mengakomodir pegawai yang mengikuti swab test. Hasil dari PCR test ini bisa keluar dalam waktu 5 sampai 7 jam.

"Kami menyiapkan 250 sampel untuk PCR test. Hasilnya keluar kurang lebih 5 sampai 7 jam," jelasnya.

Sony mengatakan upaya swab test ini sebagai langkah mencegah klaster baru di perkantoran. Sebab, perkantoran kini perlahan mulai kembali beraktivitas secara normal.

"Kasus positif yang meningkat sebagaimana diumumkan oleh pemerintah di antaranya ada klaster mal, pasar dan perkantoran. Maka kita berusaha untuk melakukan pencegahan dengan kegiatan swab test ini,” kata.

BIN menyediakan 30 tenaga medis dan satu unit mobile PCR test untuk mengakomodir pegawai yang mengikuti swab test di di Ditjen Anggaran Kemenkeu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close