Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cegah Penyelewengan Minyak Goreng Curah, Begini Strategi Irjen Asep Suhendra

Selasa, 29 Maret 2022 – 23:54 WIB
Cegah Penyelewengan Minyak Goreng Curah, Begini Strategi Irjen Asep Suhendra - JPNN.COM
Kapolda DIY Irjen Asep Suhendar menyiapkan sejumlah strategi untuk mencegah terjadinya penyelewengan minyak goreng curah. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, YOGYAKARTA - Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta Irjen Asep Suhendar menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi penyelewenangan minyak goreng curah menjadi kemasan.

Salah satunya dengan menggencarkan pantauan ke sejumlah pasar tradisional maupun modern di provinsi setempat.

"Kami sudah antisipasi," tegas Irjen Asep Suhendar seusai memantau ketersediaan bahan pangan di pasar modern, Jalan Kaliurang, Ngaglik, Sleman, Selasa.

Asep menegaskan pengemasan minyak goreng curah sawit ke dalam kemasan melanggar aturan dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dan Perpres Nomor 71 Tahun 2015 tentang Penyimpanan Bahan Pokok dan Barang Penting.

Menurut Asep, potensi kecurangan lain yang mungkin dilakukan oknum tertentu adalah pengalihan peruntukan minyak goreng curah sawit untuk UMKM dan konsumen rumah tangga ke industri.

"Saya kira ini kami kontrol setiap hari dan distributor kami lihat, kami pantau setiap hari, kewajaran dari jumlah minyak yang didistribusikan ke ritel, baik itu di pasar maupun di pasar-pasar modern," bebernya.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag DIY Yanto Apriyanto mengatakan disparitas harga yang tinggi antara minyak goreng kemasan dan minyak goreng curah berpeluang memunculkan penyimpangan itu.

"Kalau setiap orang bikin kemasan tidak sesuai aturan, akan kena aturan hukum. Harus dipenuhi perizinannya," kata Yanto. (jpnn/antara)

Kapolda DIY Irjen Asep Suhendar menyiapkan sejumlah strategi untuk mencegah terjadinya penyelewengan minyak goreng curah

Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close