Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cegah Tertular Virus Corona, Hindari Menyentuh Hewan

Senin, 27 Januari 2020 – 11:54 WIB
Cegah Tertular Virus Corona, Hindari Menyentuh Hewan - JPNN.COM
Petugas medis melakukan perawatan terhadap sejumlah pasien terjangkit virus Corona, di Central Hospital di Wuhan, Tiongkok, Sabtu (25/1/2020) menurut foto yang diunggah di medsos. Foto: ANTARA FOTO/Reuters/ama.

jpnn.com, PANGKAL PINANG - Masyarakat Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri diimbau tidak menghindari menyentuh hewan khususnya burung, guna mencegah penularan virus corona penyebab pneumonia.

Imbauan tersebut disampaikan Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto.

"Kami mengimbau masyarakat Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri untuk tidak mengunjungi pasar basah, peternakan atau pasar hewan hidup, agar terhindari dari virus corona sebagai penyebab penyakit mematikan ini," kata Agus Dwi Susanto di Pangkalpinang, Babel, Minggu (26/1).

Dijelaskan, berdasarkan investigasi beberapa institusi di Wuhan China, sebagian kasus terjadi pada orang yang bekerja di pasar ikan. Akan tetapi belum ada bukti yang menunjukkan penularan dari manusia ke manusia.

"Hindari kontak dekat dengan pasien yang memiliki gejala infeksi saluran napas. Patuhi petunjuk keamanan makanan dan aturan kebersihan," ujarnya.

Jika merasa kesehatan tidak nyaman terutama demam atau batuk, gunakan masker dan cari layanan kesehatan.

"Setelah kembali dari daerah outbreak, konsultasi ke dokter jika terdapat gejala demam atau gejala lain dan beri tahu dokter riwayat perjalanan serta gunakan masker untuk mencegah penularan penyakit," ujarnya. (antara/jpnn)

Mbah Mijan: Virus Corona Itu Kutukan Nyai Blorong

Untuk mencegah penularan virus corona penyebab pneumonia, Ketum PDPI mengimbau bagi yang sedang di luar negeri, hindari menyentuh hewan khususnya burung.

Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close