Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Citra Satelit Ungkap Senjata Terbaru Korea Utara, Begini Kemampuannya

Sabtu, 05 September 2020 – 19:51 WIB
Citra Satelit Ungkap Senjata Terbaru Korea Utara, Begini Kemampuannya - JPNN.COM
Salah satu misil Korea Utara. Foto: reuters/kcna

jpnn.com, WASHINGTON DC - Citra satelit sebuah galangan kapal Korea Utara memperlihatkan aktivitas yang diduga kuat sebagai persiapan uji coba peluncuran rudal balistik jarak menengah dari kapal selam.

Pusat Kajian Strategis dan Internasional mengatakan, gambar-gambar dari galangan kapal Sinpo Korut itu memperlihatkan beberapa kapal dalam kolam galangan, yang salah satunya menyerupai kapal-kapal yang sebelumnya digunakan untuk menyeret tongkang dalam pengujian kapal selam.

"Aktivitas itu mengisyaratkan, tetapi belum bisa disimpulkan, persiapan uji sebuah rudal balistik Pukguksong-3 dari kapal selam," tulis lembaga think tank asal Amerika Serikat tersebut dalam laporannya, Jumat (4/9).

Korut pada Oktober 2019 lalu pernah mengklaim berhasil menembakkan Pukguksong-3. Peluncuran itu dipandang oleh analis sebagai aksi paling provokatif Korut sejak negeri itu memasuki dialog dengan AS mengenai persenjataan nuklir dan program rudal 2018.

Korut menunda uji rudal jarak jauh dan nuklir sejak 2017, tetapi usaha yang dipimpin Trump untuk membujuknya mengakhiri program nuklir dan rudalnya tak banyak memberikan hasil.

Trump sedang mengupayakan pemilihan kembali dalam pilpres November dan sebuah uji misil Korut sebelumnya yang akan menyoroti kurangnya kemajuan sekalipun ada pertemuan-pertemuan Trump yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan pemimpin Korut Kim Jong Un.

Militer Korsel mengatakan Pukguksong-3 yang diuji tahun lalu melesat sejauh 450 km dan menjangkau ketinggian 910 km dan akan memiliki jangkauan sekitar 1.300 km pada lintasan standar. (ant/dil/jpnn)

Pusat Kajian Strategis dan Internasional mengatakan, gambar-gambar dari galangan kapal Sinpo Korut itu memperlihatkan senjata terbaru Korea Utara

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close