Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Corona Diprediksi Membawa Berkah ke Bisnis Streaming Musik

Senin, 06 April 2020 – 03:01 WIB
Corona Diprediksi Membawa Berkah ke Bisnis Streaming Musik - JPNN.COM
Ilustrasi musik streaming. Foto: pixabay/JPNN.com

jpnn.com - Counterpoint mencatat bisnis streaming musik tumbuh sekitar 32 persen (yoy) pada 2019, dengan Spotify dan Apple Music masih memimpin pasar.

Menurut riset Counterpoint, dikutip dari GSM Arena, jumlah pelanggan Spotify tumbuh 23 persen dengan pangsa pasar 35 persen, yang menyumbang 31 persen dari total pendapatan pasar di industri ini.

Sementara itu, pelanggan Apple Music tumbuh 36 persen, dengan pangsa pasar 19 persen. Pertumbuhan pelanggan Apple Music terlihat lebih baik dibanding Spotify.

Analis pasar percaya bahwa kesuksesan Apple ialah karena peningkatan layanan yang konstan dan terus merebut pelanggan dari Spotify.

Tidak hanya itu, fokus pada konten eksklusif dan penawaran promosi juga menghasilkan pertumbuhan yang signifikan.

Selanjutnya, di tempat ketiga diduduki oleh layanan streaming musik Amazon dengan pangsa pasar 15 persen. Tencent Music berada di posisi keempat dengan pangsa 11 persen, sedangkan YouTube Music menutup lima besar dengan pangsa 6 persen.

Counterpoint percaya bahwa tren tersebut akan berlanjut sepanjang tahun 2020 dan pelanggan akan tumbuh lebih dari 25 persen karena wabah COVID-19.

Jika prediksi itu benar, jumlah total pelanggan yang berbayar di seluruh dunia akan melampaui 450 juta. (ant/jpnn)

Counterpoint mencatat bisnis streaming musik tumbuh sekitar 32 persen (yoy) pada 2019, dan angka itu akan terus naik di tengah pandemi corona.

Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close