Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Darurat Pemerkosaan, India Bakal Bentuk Seribu Pengadilan Khusus

Senin, 09 Desember 2019 – 09:12 WIB
Darurat Pemerkosaan, India Bakal Bentuk Seribu Pengadilan Khusus - JPNN.COM
Demonstrasi menentang pemerkosaan di India. Foto: AFP

jpnn.com, NEW DELHI - Pemerintah India akan membentuk seribu pengadilan khusus untuk menangani kasus pemerkosaan. Langkah ini diharapkan dapat mempercepat penyelesaian kasus-kasus pemerkosaan, terutama yang korbannya anak-anak.

Dalam pelaksanaannya, pembentukan pengadilan khusus ini akan menelan biaya sekitar USD 110 juta (Rp 1,54 triliun). Pemerintah pusat senidiri menyumbang sekitar USD 68 juta dan sisanya dibebani ke daerah.

Departemen Kehakiman di bawah Kementerian Hukum dan Keadilan India telah merumuskan skema untuk membentuk total 1.023 pengadilan khusus jalur cepat (FTSC) agar persidangan dan penyelesaian kasus-kasus pemerkosaan dan pelecehan terhadap anak berlangsung cepat.

Langkah ini dinilai krusial setelah masyarakat di seluruh negeri menuntut keadilan cepat ditegakkan dalam kasus pemerkosaan dengan menghukum para pelaku sesegera mungkin.

Pemerkosaan dan pembunuhan terhadap seorang dokter hewan berusia 25 tahun beberapa waktu lalu memicu aksi demonstrasi di seluruh India. Warga menuntut keadilan cepat ditegakkan dengan menghukum empat orang yang diduga pelaku pemerkosaan secepatnya. (Xinhua/ant/dil/jpnn)

Pemerintah India akan membentuk seribu pengadilan khusus untuk menangani kasus pemerkosaan. Langkah ini diharapkan dapat mempercepat penyelesaian kasus-kasus pemerkosaan,

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close