Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Demi Basmi Corona, Filipina Terpaksa Pinjam Uang ke Bank Dunia

Kamis, 30 April 2020 – 15:10 WIB
Demi Basmi Corona, Filipina Terpaksa Pinjam Uang ke Bank Dunia - JPNN.COM
100 Dolar. Foto: Brendan Smialowski/AFP

jpnn.com, MANILA - Perang melawan virus corona ternyata terlalu berat bagi keuangan Filipina. Negara yang dipimpin Presiden Rodrigo Duterte itu harus berutang kepada Bank Dunia agar dapat memperkuat kapasitas, pencegahan, deteksi dan respons.

Pada Rabu (29/4), Bank Dunia dan pemerintah Filipina telah menyepakati pinjaman senilai USD 100 juta (Rp 1,4 triliun). Perjanjian tersebut diteken oleh Menteri Keuangan Carlo Dominguez.

Kesepakatan tersebut menyusul perjanjian sebelumnya yang bertajuk Pinjaman Kebijakan Pengembangan Penanggulangan Risiko Bencana Ketiga senilai USD 500 juta.

Pinjaman tersebut akan jatuh tempo dalam waktu 29 tahun, yang mencakup masa tenggang selama 10,5 tahun.

Lebih lanjut, pinjaman itu akan didanai sepenuhnya oleh Bank Dunia dan tidak membutuhkan dana pendamping dari pemerintah Filipina.

Departemen Keuangan Filipina mengatakan pihaknya memperkirakan efektivitas dari pinjaman dan implementasi proyek tersebut akan dimulai pada awal Mei.

Saat ini, Filipina mencatat 7.958 kasus terkonfirmasi COVID-19, termasuk 975 pasien sembuh dan 530 pasien meninggal. (ant/dil/jpnn)

Perang melawan virus corona ternyata terlalu berat bagi keuangan Filipina. Negara yang dipimpin Presiden Rodrigo Duterte itu harus berutang kepada Bank Dunia

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close