Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Depkes Siaga Hadapi Musim Hujan

Jumat, 17 Oktober 2008 – 16:14 WIB
Depkes Siaga Hadapi Musim Hujan - JPNN.COM
JAKARTA- Anggota Komisi IX DPR (bidang kesehatan) dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPR, Zuber Safawi mengingatkan  Departemen Kesehatan (Depkes) agar siaga menghadapi masuknya musim  hujan . Seperti sebelumnya,  musim penghujan   ancaman terhadap kesehatan masyarakat cukup tinggi seperti demam berdarah dan  muntaber.

Apalagi, kata Zuber, Jumat (17/10), di Jakarta, jika terjadi banjir besar dan menelan korban jiwa, tindakan cepat pemerintah diperlukan,   “Kita berharap Depkes sudah  menyiapkan langkah jelang musim hujan kali  ini sehingga semua sarana dan prasarana kesehatan  siap dioperasikan secara baik melayani masyarakat. “Jangan sampai musim hujan menjadi musim penyakit karena lemahnya antisipasi dari pemerintah,” kata Zuber.

Dia berharap agar Depkes juga  melakukan menyuluhan kesehatan  secara dini kepada masyarakat agar mereka turut mewaspadai ancaman penyakit. ”Penyuluhan dan edukasi kesehatan ini dapat dilakukan Depkes melalui beragam media informasi seperti televisi, radio, media cetak dan brosur. Penyuluhan juga dapat dilakukan secara langsung dengan menerjukan tim penyuluh kesehatan”, kata dia,

Selain itu Depkes juga dapat melakukan kerjasama dengan instansi terkait guna  melakukan gerakan bersih lingkungan sebagai langkah awal mengantisipasi datangnya musim hujan. “Jika gerakan bersih lingkungan berhasil yang juga diikuti instansi terkait,  masyarakat secara otomatis  terdorong  melakukan hal  serupa di lingkungannya. Untuk itu  tentu harus ada yang menjadi program prioritas Depkes dalam menyadarkan masyarakat,” tandas politisi Jateng ini.

Zuber juga meminta Depkes menyiapkan  pusat layanan kesehatan secara memadai khususnya di daerah-daerah rawan banjir. “Posko layanan kesehatan ini harus dapat melayani masyarakat baik yang ingin berobat maupun mencari informasi kesehatan. Untuk itu kesiapan SDM medis baik dokter, perawat dan tenaga paramedic lainnya juga harus dipikirkan dari sekarang oleh Depkes”, pinta Zuber.

 Selain melakukan penyuluhan kepada masyarakat, yang tidak kalah pentingnya adalah perbekalan kesehatan seperti obat-obatan. “ Depkes harus memberikan jaminan  stok kebutuhan obat cukup sehingga masyarakat dapat mudah mendapatkan obat tersebut”, ujar dia,

Agar cepat memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, Depkes juga harus segera menyiapkan SDM medis seperti dokter dan perawat secara memadai. “Untuk Sumber Daya Manusia (SDM)  nonmedis, dengan  menggerakkan ribuan relawan Pemuda Siaga Peduli Bencana (Dasipena) yang telah dibentuk  di beberapa provinsi. Depkes juga dapat berkoordinasi dengan PMI dan Depsos agar pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat pada musim hujan kali ini dapat lebih baik”, demikian Zuber.(eyd)

JAKARTA- Anggota Komisi IX DPR (bidang kesehatan) dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPR, Zuber Safawi mengingatkan  Departemen Kesehatan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA