Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Di Jakarta, Nomor Urut Cagub tak Jadi Masalah

Rabu, 26 Oktober 2016 – 15:14 WIB
Di Jakarta, Nomor Urut Cagub tak Jadi Masalah - JPNN.COM
Tiga pasangan peserta Pilkada DKI Jakarta 2017. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Tiga pasangan calon gubernur/wakil gubernur DKI Jakarta sudah mendapatkan nomor urut. 

Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni mendapatkan nomor urut satu, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot nomor urut dua, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno urutan ketiga. 

Dari penilaian Zainal Abidin, psikolog politik, saat pengambilan nomor urut, masing-masing pasangan calon punya persepsi sendiri. Ada pasangan calon yang sangat yakin dan senang dengan nomor urutnya. Ada pula pasangan calon yang terlihat biasa-biasa saja.

"Bagi pasangan calon angka-angka itu punya makna. Dengan angka itu, pasangan calon ingin menunjukkan kepercayaan dirinya," ujar Zainal, Rabu (26/10).

Meskipun pasangan Anies-Sandiaga tidak terlalu terpaku pada nomor urut tiga, namun Zainal yakin nantinya keduanya akan memainkan angka-angka tersebut dalam kampanye dan memaknainya untuk kepercayaan diri.

Dari sisi pemilih, Zainal melihat, nomor urut tidak bermakna. Yang dilihat adalah figur sang cagub/cawagub.

"Karena tiga pasangan cagub/cawagub ini‎ punya potensi dan sudah dikenal warga DKI, nomor urut jadi tidak bermakna. Yang dilihat warga Jakarta figurnya, bukan angka-angka lagi," tandasnya. 

Dia menambahkan, hasil survei‎ menunjukkan, yang membuat pemilih tertarik adalah penampilan. Itu sebabnya selain angka, foto figur pasangan calon penting untuk dicantumkan. (esy/jpnn)

JAKARTA - Tiga pasangan calon gubernur/wakil gubernur DKI Jakarta sudah mendapatkan nomor urut.  Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni mendapatkan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close