Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Dinasti Politik: Adik jadi Presiden, Lantik Kakak jadi Perdana Menteri

Senin, 10 Agustus 2020 – 15:20 WIB
Dinasti Politik: Adik jadi Presiden, Lantik Kakak jadi Perdana Menteri - JPNN.COM
Perdana Menteri Mahinda Rajapaksa akan dilantik oleh adiknya, Presiden Gotabaya Rajapaksa. Foto: Reuters

jpnn.com, SRI LANKA - Sri Lanka saat ini dipimpin dua bersaudara. Mahinda Rajapaksa dari Partai Sri Lanka Podujana (SLPP) kembali terpilih jadi Perdana Menteri Sri Lanka, setelah memenangkan 145 kursi.

Sebagai perdana menteri terpilih, Mahinda Rajapaksa akan dilantik oleh adiknya, Presiden Gotabaya Rajapaksa.

Dengan kakak beradik menduduki jabatan yang sangat penting di Sri Lanka, kalangan opisisi merasa khawatir kedua pemimpin itu akan mengubah konsitusi untuk melanggengkan kekuasaan dinasti mereka, lapor Al Jazeera.

Presiden Gotabaya Rajapaksa terpilih sebagai presiden November lalu setelah mengampanyekan dirinya dirinya sebagai satu-satunya pemimpin yang bisa mengamankan negara setelah pemboman gereja dan hotel pada Minggu Paskah menewaskan 269 orang pada 2019.

Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka adalah sebuah negara pulau di sebelah utara Samudera Hindia, di pesisir tenggara India.

Sri Lanka berbatasan laut dengan India di sebelah barat laut dan dengan Maladewa di barat daya. Hingga 1972, dunia internasional menyebut negara ini Ceylon.

Ibu Kota Kolombo, kini berganti nama menjadi Sri Jayawardenapura Kotte, berpenduduk sekitar 22 juta jiwa. (nis/aljazeera/ngopibareng/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

loading...