Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dolar AS di Pasar Antarbank Sudah Rp 16.273, Rupiah Berpotensi Terpuruk seperti Juni 1998

Jumat, 20 Maret 2020 – 13:39 WIB
Dolar AS di Pasar Antarbank Sudah Rp 16.273, Rupiah Berpotensi Terpuruk seperti Juni 1998 - JPNN.COM
Rupiah di antara dolar AS (USD) dan lira Turki (TRY). Foto/ilustrasi: Ayatollah Antoni/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Virus corona (COVID-19) membuat kursi rupiah babak belur. Merujuk data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), rupiah dalam sebulan ini benar-benar terpuruk menghadapi dolar AS (USD).

Pada awal Februari lalu, USD masih di level Rp 13.700. Persis sebulan lalu atau pada 20 Februari 2020, USD setara Rp 13.735.

Merujuk data JISDOR, kurs USD pada Jumat (20/3) siang sudah di level Rp 16.273. Menurut Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, rupiah berpotensi terus melemah.

Ariston menyebut rupiah bisa terus merosot mendekati level terendah pada Juni 1998 ketika USD di level Rp 16.850. "Belum ada indikasi reversal (pembalikan) secara teknikal," ujarnya.

Selain itu, kata Ariston, belum ada perubahan signifikan pada upaya mencegah penyebaran COVID-19. Menurut dia, sentimen positif hanya datang dari Tiongkok yang melaporkan tidak ada lagi penambahan pasien COVID-19 di Provinsi Hubei sebagai episentrum coronavirus.

"Berita ini memberikan sentimen positif ke pasar keuangan, terutama indeks saham Asia seperti Hong Kong, Shanghai, dan Korea pagi ini," kata Ariston.(antara/ara/jpnn)

Merujuk data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), rupiah dalam sebulan ini benar-benar terpuruk menghadapi dolar AS (USD).

Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close