Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dorong Partisipasi Publik Dalam Pembangunan

Senin, 24 Maret 2014 – 23:58 WIB
Dorong Partisipasi Publik Dalam Pembangunan - JPNN.COM

jpnn.com - JAMBI - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman mengatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perlu ditingkatkan terus-menerus. Tapi menurut Irman, ada hal yang lebih esensial dari peningkatan APBD, yakni partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

"APBD memang perlu ditingkatkan. Tapi yang lebih penting dari itu adalah meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan," kata Irman Gusman, disela-sela pertemuan dengan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus dan Walikota Jambi Syarif Fasha, di Gubernuran Jambi, Senin (24/3).

Terlebih setelah diberlakukannya larangan ekspor bahan baku tambang. Menurut Irman Gusman dengan sendirinya akan mempengaruhi geliat ekonomi Provinsi Jambi.

"Satu-satunya cara untuk meminimalisir dampak larangan ekspor bahan baku tambang itu adalah membuka partisipasi masyarakat untuk berperan lebih banyak disektor swasta," saran senator asal Sumatera Barat itu.

"Hanya dengan melibatkan sebanyak mungkin peran  masyarakat dalam pembangunan maka proses pengolahan bahan baku tambang jadi barang siap pakai semakin mudah diwujudkan dan itu pasti memberi nilai tambah," imbuh peserta konvensi calon Presiden Partai Demokrat itu.

Selain itu, Irman juga menyarankan Provinsi Jambi agar lebih siap menghadapi pemberlakuan Asean Community yang akan dimulai tahun 2015.

"Kalau Jambi tidak siap, dengan sendirinya Jambi akan dimanfaatkan oleh Asean Community. Sebaliknya, kalau Jambi siap, makan Jambi bisa secara leluasa memanfaatkan Asean Community," ujarnya. (fas/jpnn)

JAMBI - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman mengatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perlu ditingkatkan terus-menerus.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA