Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPR: Jangan Biarkan Warga Sipil Mati Sia-sia di NKRI

Minggu, 29 September 2019 – 08:09 WIB
DPR: Jangan Biarkan Warga Sipil Mati Sia-sia di NKRI - JPNN.COM
Anggota Komisi I DPR RI Sukamta. FOTO: Dok. FPKS DPR

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta mengatakan pemerintah sudah selayaknya menangani kerusuhan di Papua lebih serius, sistematis dan tuntas agar tidak menelan korban jiwa warga sipil. 

“Intinya, jangan biarkan warga sipil berjatuhan, mati sia-sia di NKRI tercinta ini. Itu amanah konstitusi. Itu cita-cita kemerdekaan kita yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah bangsa Indonesia,” kata Sukamta saat dihubungi JPNN, Minggu (29/9).

Untuk diketahui, kerusuhan yang terjadi di Wamena, Papua pada Senin, 23 September 2019 menimbulkan jatuhnya korban jiwa sebanyak 32 warga sipil serta kerusakan rumah dinas, ruko dan kantor bupati akibat dibakar massa.

Kejadian-kejadian tragis ini, menurut Politikus PKS ini, baru sekali ini dialami bangsa ini. Ada kerusuhan yang dibiarkan berlarut-larut dengan korban pembunuhan warga sipil dan aparat.

“Yang paling mendesak adalah penambahan aparat keamanan sampai jumlah yang cukup untuk melindungi warga,” katanya.

Sukamta mengingatkan pemerintah jangan hanya mematikan internet saja. “Kalau memang negara sudah tidak bisa memberikan jaminan dan perlindungan, imbaulah warga yang terancam hidupnya untuk mengungsi atau bagi perantau mintalah mereka untuk kembali ke kampung halamannya,” kata Sukamta.(fri/jpnn) 

Pemerintah sudah selayaknya menangani kerusuhan di Papua lebih serius, sistematis dan tuntas agar tidak menelan korban jiwa warga sipil.

Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close