Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPR Kecam Sikap Israel

Selasa, 07 Agustus 2012 – 07:12 WIB
DPR Kecam Sikap Israel - JPNN.COM
JAKARTA - Penolakan pemerintah Israel untuk memberikan akses masuk ke Ramallah kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Marty Natalegawa memunculkan reaksi dari DPR. Kalangan parlemen mengecam sikap Israel yang secara sepihak melakukan penolakan terhadap negara-negara yang mendukung kemerdekaan Palestina itu.

"Pemerintah Indonesia melalui Menlu harus menyampaikan protes atas sikap Israel," tegas Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq kemarin (6/8).

Penolakan Israel memberikan akses masuk terjadi saat Menlu bermaksud menghadiri pertemuan Gerakan Non Blok (GNB) di Ramallah Minggu waktu setempat (5/8). Akses masuk ke Ramallah yang dijaga pemerintah Israel ternyata memberikan reaksi penolakan. Selain Marty, empat Menlu lainnya yang ditolak masuk ke Ramallah berasal dari Malaysia, Bangladesh, Kuba, dan Aljazair. Pertemuan itu akhirnya batal karena tindakan sepihak Israel.

Mahfudz menilai pemerintah harus melayangkan protes keras. Tindakan Israel tersebut merupakan pelanggaran terhadap prinsip hukum internasional dan kewajibannya sebagai otoritas pendudukan (occupying power). Namun, protes itu tak bisa disampaikan langsung kepada Israel karena pemerintah RI selama ini tidak memiliki hubungan diplomatik dengan negara zionis tersebut. "Protes resmi harus dilayangkan melalui GNB," tutur Mahfudz.

JAKARTA - Penolakan pemerintah Israel untuk memberikan akses masuk ke Ramallah kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Marty Natalegawa memunculkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close