Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPR: Pertemuan Menlu ASEAN Langkah Strategis Sikapi Isu Myanmar

Sabtu, 13 Maret 2021 – 05:59 WIB
DPR: Pertemuan Menlu ASEAN Langkah Strategis Sikapi Isu Myanmar - JPNN.COM
Wakil Ketua DPR RAzis Syamsuddin. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menilai pertemuan menteri luar negeri dari negara-negara ASEAN beberapa waktu lalu merupakan langkah strategis dalam membuat ruang konsultasi dan dialog terkait isu Myanmar.

Menurutnya, pertemuan tersebut sangat penting dalam usaha meredakan krisis politik yang sedang terjadi di Myanmar, khususnya dari aspek kemanusiaan.

“Kami harapkan Indonesia bersama-sama ASEAN agar terus melakukan dialog dan komunikasi intensif dengan pihak Myanmar sesuai dengan norma-norma Piagam ASEAN, sehingga demokrasi dan hukum dapat kembali sebagaimana mestinya di Myanmar,” kata Azis, Jumat (12/3).

Pimpinan DPR RI yang membidangi koordinasi politik dan keamanan menjelaskan shuttle diplomacy yang dilakukan Indonesia merupakan langkah-langkah yang perlu di apresiasi. Menurut dia, hal ini karena Indonesia memandang Myanmar sebagai bagian dari keluarga sendiri dan keluarga besar ASEAN.

“Mari kita (Indonesia) implementasikan semangat Piagam ASEAN dan nilai-nilai prinsip demokrasi global agar pemerintahan Myanmar dapat kembali pulih sebagaimana mestinya. Sebagai keluarga besar ASEAN, kita akan selalu ada untuk masyarakat Myanmar,” katanya.

Politikus Partai Golkar itu merasa prihatin atas situasi yang terjadi di Myanmar. Baik itu situasi politik maupun tindakan kekerasan yang terjadi terhadap masyarakat sipil. “Semoga situasi di Myanmar segera pulih,” harapnya.

Azis mengimbau semua pihak dapat menahan diri sampai proses demokrasi kembali pulih.

"Bentuk tindakan kekerasan yang terjadi di Myanmar tidak dapat dibenarkan, ASEAN harus terus mengupayakan berbagai cara dalam menjadi fasilitator melalui dialog agar isu Myanmar tidak berkembang menjadi tensi geopolitik yang lebih besar," ujarnya. (boy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengatakan pertemuan menlu negara-negara ASEAN tersebut sangat penting dalam usaha meredakan krisis politik yang sedang terjadi di Myanmar, khususnya dari aspek kemanusiaan.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close