Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dubes Inggris: Demokrasi Indonesia di Arah yang Benar

Senin, 16 Maret 2009 – 19:39 WIB
Dubes Inggris: Demokrasi Indonesia di Arah yang Benar - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Duta Besar Kerajaan Inggris untuk Indonesia, Martin Hatfull, menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesia sudah dalam arah yang benar. Pemerintah dan masyarakat Inggris sangat menaruh perhatian atas kemajuan Indonesia dalam membangun demokrasi yang sangat cepat, terutama pasca era pemilihan presiden langsung sejak 2004 lalu.

"Saya melihat dan mencermati terus kondisi dan situasi menjelang Indonesia melakukan pemilu. Saya pikir, Inggris sangat mengapresiasi kemajuan Indonesia dalam membangun demokrasi," ujar Hatfull, usai bertemu calon presiden Sutiyoso, di Jakarta, Senin (16/3).

Menyoal kenapa kunjungannya harus ke Sutiyoso, Hatfull menegaskan bahwa itu bahagian dari tugas Dubes Inggris di Indonesia. "Bukan hanya Sutiyoso yang dikunjungi, seluruh calon presiden akan didatangi. Ini penting untuk mendapatkan informasi mengenai calon atau kandidat pemimpin yang potensial untuk terpilih," katanya.

Selain itu, lanjut Martin Hatfull, pemilu 2009 juga akan mengkonsolidasikan posisi Indonesia di mata dunia sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia.

Ditanyakan apakah pemerintah Inggris terlibat dalam pemilu di Indonesia dan apa harapan Inggris terhadap pelaksanaan pemilu, dia mengatakan bahwa Inggris adalah negara yang menghormati asas di mana negara asing tidak ikut terlibat dalam politik dalam negeri negara manapun. Pemerintah Inggris hanya bisa melihat dan memantau dengan ketertarikan tinggi.

"Kami hanya melihat dengan ketertarikan tinggi, dan kami jelaskan bahwa kami akan bekerja secara baik dengan siapapun nanti yang memenangkan pemilu. Saya berharap pemilu dapat berlangsung manis dan lancar," tambahnya.

Terkait dengan iven pemilu di Indonesia, pemerintah Inggris hanya memberikan bantuan secara tidak langsung, misalnya dengan memberikan beberapa asistensi terhadap pelaksanaan pemilu melalui Department for International Development. "Misalnya membantu bagaimana pelaksanaan pemilu yang demokratis dan cara meningkatkan partisipasi wanita dalam proses demokrasi. Semua diberikan melalui lembaga internasional seperti UNDP. Sekali lagi, saya hanya berharap dan yakin bahwa pemilu akan berjalan lancar dan damai," ujarnya.

Di tempat yang sama, Sutiyoso menjelaskan bahwa dalam pertemuan itu Hatfull hanya menanyakan pandangannya mengenai pemilu saat ini, dan sekaligus meminta pandangannya terhadap kebijakan politik yang akan diambilnya jika dirinya memenangkan pilpres.

JAKARTA - Duta Besar Kerajaan Inggris untuk Indonesia, Martin Hatfull, menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesia sudah dalam arah yang benar. Pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close