Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dubes Iran: Aksi Militer Harus Dibalas Aksi Militer

Minggu, 05 Januari 2020 – 05:22 WIB
Dubes Iran: Aksi Militer Harus Dibalas Aksi Militer - JPNN.COM
Parade tentara Iran di Tehran pada April 2019. Foto: AFP

jpnn.com, NEW YORK - Perang total antara Amerika Serikat versus Iran tampaknya tak terhindarkan lagi. Pasalnya, Iran menganggap pembunuhan Mayor Jenderal Qassem Soleimani oleh Amerika Serikat sebagai aksi militer yang harus dibalas dengan setimpal.

"Balasan untuk aksi militer adalah aksi militer," kata Duta Besar Iran untuk PBB Majid Takht Ravanchi kepada CNN, Sabtu (4/1).

Sebelumnya, Ravanci sudah bersurat ke Dewan Keamanan dan Sekjen PBB Antonio Guterres untuk menjelaskan masalah ini. Dalam surat itu dia mengatakan bahwa hukum internasional menjamin hak Iran untuk membela diri dari agresi militer negara lain.

Ravanci juga mengatakan bahwa pembunuhan terhadap Soleimani adalah contoh nyata terorisme negara dan pelanggaran berat terhadap prinsip dasar hukum internasional, termasuk Piagam PBB.

Soleimani, jenderal berusia 62 tahun yang mengepalai pasukan elite Quds, dianggap sebagai tokoh paling berpengaruh nomor dua di Iran setelah Ayatollah Ali Khamenei. Dia tewas dalam serangan udara Amerika Serikat di Baghdad, Jumat (3/1).

Seorang pejabat senior pemerintah Trump menyebutkan Soleimani sedang merencanakan serangan dalam waktu dekat terhadap personel AS di Timur Tengah. (ant/dil/jpnn)

Perang total antara Amerika Serikat versus Iran tampaknya tak terhindarkan lagi. Pasalnya, Iran menganggap pembunuhan Mayor Jenderal Qassem Soleimani oleh Amerika Serikat sebagai aksi militer

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close