Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Duh, AS dan Australia Ternyata Sudah Mengeluarkan Travel Warning

Jumat, 27 September 2019 – 17:59 WIB
Duh, AS dan Australia Ternyata Sudah Mengeluarkan Travel Warning - JPNN.COM
Pengamat politik Ari Junaedi. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia (UI) Ari Junaedi menduga pihak yang menginginkan RUU KUHP segera disahkan adalah pihak yang tidak menginginkan kestabilan politik di tanah air.

"Lihat saja, RKUHP belum disahkan pihak luar negeri seperti AS dan Australia sudah mengeluarkan travel warning untuk warga negaranya yang akan berkunjung ke Indonesia," ujar Ari kepada JPNN.com, Jumat (27/9).

Ari menduga pihak yang dimaksud juga mendompleng demo mahasiswa yang pada dasarnya punya kemurnian menyuarakan penolakan terhadap RKUHP dan RUU KPK.

"Saya menganggap aksi pendomplengan gerakan aksi-aksi mahasiswa semakin menambah ruwetnya persoalan yang dihadapi oleh Jokowi akhir periode pertama kepemimpinannya," ucap Ari.

Meski demikian, pembimbing disertasi S-3 di pasca sarjana Universitas Padjajaran ini optimistis Presiden Jokowi dapat menghadapi apa yang terjadi, jika bijaksana dalam mengambil keputusan. Langkah bersikap bijak sangat penting, agar tidak memperkeruh keadaan.

"Karena apa pun juga bakal dimanfaatkan menjadi tambahan energi bagi pihak-pihak yang memang tidak suka dengan rezim Jokowi," pungkas Ari. (gir/jpnn)

Ari Junaedi menduga pihak yang menginginkan RUU KUHP segera disahkan adalah pihak yang tidak menginginkan kestabilan politik di tanah air.

Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close