Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dukung Perusahaan Negara Ekspansi ke LN

Senin, 28 Oktober 2013 – 11:52 WIB
Dukung Perusahaan Negara Ekspansi ke LN - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendukung langkah BUMN melakukan ekspansi bisnis ke luar negeri. Pertimbangannya, Indonesia kini tidak bisa hanya mengandalkan potensi sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) di dalam negeri. 

Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto mengatakan, langkah-langkah berani serta strategis yang dilakukan Kementerian BUMN pada masa kepemimpinan Dahlan Iskan perlu dikembangkan. "Langkah-langkah besar, berani, dan strategis BUMN berinvestasi di beberapa negara perlu kita dukung," ujarnya di Jakarta Minggu (27/10).

Suryo memerinci, BUMN sudah merintis investasi pabrik semen di Asia Tenggara. Demikian pula investasi penggemukan sapi di Australia. "Kita harapkan BUMN dan investor swasta berani membeli kilang BBM di negara lain. Atau, mengakuisisi bank luar negeri, berinvestasi di jaringan usaha ritel, dan sebagainya," katanya.

Tentu, lanjut Suryo, ekspansi investor Indonesia itu bisa menimbulkan kecemasan di beberapa negara lain. Namun, dia minta ekspansi BUMN ke luar negeri dipandang dari sisi positif. "Langkah semacam itu bukan capital flight karena mempunyai nilai strategis baik untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun untuk melayani pemasaran produk dalam negeri," tegasnya.

Di sisi lain, Kadin mendukung langkah BUMN membeli lahan pertanian maupun peternakan di luar negeri. Sebab, sudah banyak negara yang bertani di negara lain guna memenuhi pangan di negerinya sendiri. "Sebagai contoh, Korea dan Arab Saudi sudah bertani di beberapa negara Afrika untuk memenuhi pangan negaranya. Jadi, bisa saja kita menanam kedelai di negara lain," sebutnya. (wir/c10/oki)

JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendukung langkah BUMN melakukan ekspansi bisnis ke luar negeri. Pertimbangannya, Indonesia

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Bisnis

    Citilink Indonesia Terbangi Kendari

    Sabtu, 17 Juni 2017 – 04:16 WIB
    Citilink Indonesia Terbangi Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru

    Rabu, 07 Juni 2017 – 14:15 WIB
    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru - JPNN.com
  • Bisnis

    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari

    Selasa, 30 Mei 2017 – 14:25 WIB
    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru

    Jumat, 26 Mei 2017 – 16:16 WIB
    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru - JPNN.com