Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gedung Putih Sebut Kekuatan Asing Manfaatkan Kematian George Floyd, Tiongkok Sewot

Senin, 01 Juni 2020 – 19:49 WIB
Gedung Putih Sebut Kekuatan Asing Manfaatkan Kematian George Floyd, Tiongkok Sewot - JPNN.COM
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian. Foto: ANTARA/HO-MOFA/mii

jpnn.com, BEIJING - Tiongkok langsung bereaksi terhadap pernyataan Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat Robert O'Brien bahwa ada kekuatan asing yang mengambil keuntungan dari unjuk rasa terkait kematian George Floyd.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok (MFA) Zhao Lijian menilai tuduhan tersebut mengarah kepada pihaknya. Namun, menurut dia tuduhan tersebut sangat tidak berdasar. 

"Justru penyebutan pengunjuk rasa di Hong Kong sebagai pahlawan sementara pengunjuk rasa di AS sebagai perusuh jelas menunjukkan standar ganda," tutur dia.

Menurut Zhao, Tiongkok tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain dan masyarakat di dunia juga menyaksikan apa yang sedang terjadi di AS.

Oleh sebab itu, Zhao mendesak para politikus AS memikirkan urusannya sendiri. "Tiongkok menentang tindakan pelanggaran hukum dalam bentuk apa pun dan kami berharap pihak AS menyelesaikan isu-isu diskriminasi rasial domestiknya," ujarnya.

Zhao menyoroti bahwa penyebab unjuk rasa di Hong Kong dan AS sangat berbeda. "Upaya separatisme dan kekerasan merupakan tindakan yang sangat mengganggu keamanan nasional karena ada pasukan internal dan asing yang berusaha memisahkan satu negara, menggulingkan pemerintahan, dan mengorganisasikan para aktivis teroris," terang dia. (ant/dil/jpnn)

Gedung Putih mengklaim bahwa ada kekuatan asing yang memanfaatkan kematian George Floyd untuk menyerang Amerika. Kok Tiongkok sewot?

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close