Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gempa Bumi Dangkal 5 SR Guncang Selat Sunda

Minggu, 15 April 2018 – 10:00 WIB
Gempa Bumi Dangkal 5 SR Guncang Selat Sunda - JPNN.COM
Gempa bumi. Foto: JPG

jpnn.com, BANTEN - Telah terjadi gempa tektonik berkekuatan 5,0 SR (skala richter) mengguncang wilayah Selat Sunda pada Minggu, (15/4), pukul 01.02.22 WIB.

Dari hasil analisis terkini BMKG (Badan Metereologi, Klematologi dan Geofisika) dalam siaran resmi, menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi dengan koordinat episenter pada 6,18 LS dan 105,31 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 78 km arah barat daya Kota Cilegon, Banten, pada kedalaman 10 km.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh modelling peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan berpotensi dirasakan di daerah Kalianda, Bandar Lampung, Pandeglang, dan Serang dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III MMI). Hingga laporan ini dibuat masih belum ada informasi dirasakan dari masyarakat.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi di lokasi tersebut dibangkitkan oleh aktivitas sesar naik (thrust fault).

Hingga pukul 01.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

BMKG mengimbau, kepada masyarakat sekitar agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mg8/jpnn)

Telah terjadi gempa tektonik berkekuatan 5,0 SR (skala richter) mengguncang wilayah Selat Sunda pada Minggu, (15/4), pukul 01.02.22 WIB.

Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close