Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gempa Bumi M 5 Terjadi di Jember, tidak Berpotensi Tsunami

Jumat, 01 Maret 2024 – 07:10 WIB
Gempa Bumi M 5 Terjadi di Jember, tidak Berpotensi Tsunami - JPNN.COM
Peta gempa berkekuatan magnitudo 5 yang dilaporkan terjadi di Jember, Jawa Timur, Jumat (1/3/2023), sekitar pukul 03.19 WIB. (ANTARA/HO-BMKG)

jpnn.com - JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5 terjadi di Jember, Jawa Timur, Jumat (1/3), sekitar pukul 03.19 WIB.

Dalam peringatan dini sistem aplikasi infoBMKG yang dipantau di Jakarta, Jumat, hasil analisis sementara gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa berada di laut selatan Pulau Jawa pada koordinat 10,48 LS-103,62 BT atau berjarak 252 kilometer barat daya Jember, di kedalaman 10 kilometer.

Getaran gempa itu dilaporkan juga dirasakan oleh masyarakat di wilayah Desa Karangkates, Malang dengan skala II MMI.

Namun, BMKG belum melaporkan secara terperinci terkait dengan pemicu dan dampak yang ditimbulkan gempa tersebut terhadap masyarakat.

Untuk itu, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sampai hasil analisis peristiwa menyeluruh resmi dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisis resmi tersebut biasa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, pelbagai akun media sosial inforBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (antara/jpnn)

BMKG melaporkan gempa bumi M 5 terjadi di Jember, Jawa Timur. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close