Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gempa Magnitudo 5,5 Terjadi di Ambon, Tidak Berpotensi Tsunami

Selasa, 13 Agustus 2024 – 07:10 WIB
Gempa Magnitudo 5,5 Terjadi di Ambon, Tidak Berpotensi Tsunami - JPNN.COM
Peta pusat gempa di laut pada kedalaman 317 kilometer dengan koordinat 5,55 Lintang Selatan (LS)-128,84 Bujur Timur (BT) atau berjarak 222 kilometer dari arah tenggara Kota Ambon, Maluku, Selasa (13/8/2024). ANTARA/HO-BMKG

jpnn.com - JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gempa bumi bermagnitudo 5,5 terjadi di Ambon, Maluku, Selasa (13/8) pukul 02.12 WIB. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Dalam peringatan dini yang diekspose melalui sistem aplikasi infoBMKG di Jakarta, Selasa, dilaporkan pusat gempa tersebut terletak di laut pada kedalaman 317 kilometer dengan koordinat 5,55 lintang selatan (LS)—128,84 bujur timur (BT) atau berjarak 222 kilometer dari arah tenggara Kota Ambon.

Getaran gempa dirasakan sampai ke Kabupaten Buru Selatan, Maluku, yang berjarak 226 kilometer dari pusat gempa berdasarkan analisis sementara seismologis BMKG.

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, namun, masyarakat diimbau untuk waspada dan tetap tenang, tidak terpengaruh oleh isu yang diragukan kebenarannya sampai hasil analisis peristiwa secara keseluruhan dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisis tersebut biasa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (antara/jpnn)

Gempa M 5,5 terjadi di Ambon, Maluku. BMKG menyatakan gempa tidak berpotensi tsunami.

Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA