Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Generasi Zaman Now Lebih Sreg ke Jokowi ketimbang Prabowo

Rabu, 28 Februari 2018 – 16:51 WIB
Generasi Zaman Now Lebih Sreg ke Jokowi ketimbang Prabowo - JPNN.COM
Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Foto: Biro Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah lembaga survei menampatkan Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto masih merupakan figur menonjol untuk bersaing pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Munculnya wajah-wajah baru tak serta-merta mampu menggeser dominasi duat tokoh yang bersaung pada Pilpres 2014 itu.

Kalangan generasi milenial pun memberi perhatian lebih pada Jokowi maupun Prabowo. Survei yang digelar Populi Center menmperlihatkan generasi milenial lebih sreg pada sosok Jokowi ketimbang Prabowo.

Peneliti Populi Center Hartanto Rosojati mengatakan, dalam simulasi head to head, elektabilitas mantan wali kota Solo itu masih jauh mengungguli Prabowo. Bahkan jika Pilpres dilaksanakan hari ini, maka Jokowi akan mampu mengalahkan ketua umum Partai Gerindra itu.

"Elektabilitas Jokowi mencapai 64,3 persen, sedangkan Prabowo Subianto sebesar 25,3 persen dan yang tidak menjawab 10,4 persen," kata Hartanto di kantor Populi Center, Jakarta, Rabu (28/2).

Hartanto menambahkan, segmentasi pemilih Jokowi cenderung berasal dari berbagai kalangan. Namun, preferensi pemilih dari generasi milenial cenderung lebih banyak yang memilih mantan gubernur DKI itu.

Menurut dia, kepribadian Jokowi yang mewakili generasi muda menjadi alasan generasi zaman now memilih pria kelahiran Solo itu untuk kali kedua. Apalagi, Jokowi juga gemar melakukan kegiatan anak muda seperti membuat vlog dan aktif bermedia sosial.

Jokowi juga dikenal memiliki hubungan harmonis dengan keluarganya. "Generasi milenial memilih Jokowi sebanyak 67 persen, sedangkan Prabowo hanya 28 persen," pungkasnya.

Populi Center menggelar survei pada periode 7-16 Februari 2018. Jumlah sampel pada survei yang menggunakan metode multistage random sampling itu mencapai 1.200 responden. Sedangkan margin of error survei itu di angka 2,89 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.(ce1/aim/JPC)

Kalangan generasi milenial pun memberi perhatian lebih pada Joko Widodo maupun Prabowo Subianto. Namun, anak zaman now lebih memilih Jokowi ketimbang Prabowo.

Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close