Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Giliran Gubernur Sultra Keluarkan Surat Edaran, Begini Isinya

Selasa, 07 April 2020 – 02:50 WIB
Giliran Gubernur Sultra Keluarkan Surat Edaran, Begini Isinya - JPNN.COM
Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara Ali Mazi (tengah). Foto: ANTARA/Harianto

jpnn.com, KENDARI - Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi mengeluarkan edaran seruan gubernur dengan nomor: 443/1529 tentang penggunaan masker untuk mencegah penularan virus corona baru (COVID-19), Senin.

Dalam seruan tersebut, Gubernur Ali Mazi meminta beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni terjadinya peningkatan kasus COVID-19 di daerah itu dan telah terjadi transmisi lokal, sehingga diperlukan langkah-langkah bersama untuk pencegahan dan penanganan COVID-19.

Ia juga mengatakan telah terjadi keterbatasan persediaan masker medis untuk tenaga medis.

Ia mengimbau masyarakat melakukan hal-hal, di antaranya selalu menggunakan masker ketika berada atau berkegiatan di luar rumah tanpa kecuali, sesuai dengan rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Masker bedah dan masker N95, katanya, hanya untuk petugas kesehatan di fasilitas kesehatan atau rumah sakit.

Ia meminta warga menggunakan masker kain yang dapat dicuci setiap hari, membeli atau membuat sendiri masker kain sesuai kebutuhan.

Ia meminta warga mengutamakan berada di rumah, menjaga jarak, membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat, mencuci tangan menggunakan sabun, serta melaksanakan etika batuk dan bersin.

Untuk diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya juga telah mengeluarkan edaran yang mewajibdkan pengguna moda transportasi umum di Jakarta mengenakan masker.

??????Sebelumnya, Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (IAI)  Sultra mengampanyekan penggunaan masker kain guna mengantisipasi kelangkaan masker medis, seperti masker bedah dan masker N95, saat pandemi COVID-19.

Ketua PD IAI Sultra dr Harmawati mengatakan penggunaan masker kain cukup baik untuk melindungi diri dari virus sehingga masyarakat diharapkan tidak lagi mencari masker medis.

"Kita minta masyarakat cukup pakai masker kain saja karena hanya untuk melindungi diri dan orang lain, tidak usah cari masker pabrik (masker medis, red.). Kasih kesempatan bagi tenaga medis, dokter, perawat dan apoteker di rumah sakit yang menggunakan itu karena dia akan berhadapan langsung dengan orang yang sakit," katanya.

Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sultra, hingga Senin, pukul 17.00 Wita jumlah pasien positif corona enam orang, di mana satu pasien dinyatakan sembuh, empat pasien kasus lama, dan satu pasien kasus baru. Seluruh pasien positif corona saat ini berada di ruang isolasi RS Bahteramas Kendari.(Antara/jpnn)

Gubernur Provinsi Sultra Ali Mazi mengeluarkan edaran seruan gubernur tentang penggunaan masker untuk mencegah penularan virus corona baru (COVID-19).

Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close