Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gunung Karangetang Meletus, Luncuran Lava Pijar Capai 1.500 Meter

Kamis, 09 Februari 2023 – 12:54 WIB
Gunung Karangetang Meletus, Luncuran Lava Pijar Capai 1.500 Meter - JPNN.COM
Luncuran lava pijar Gunung Karangetang yang dimulai sejak Rabu (8/2/2023) sore. ANTARA/HO-PVMBG

jpnn.com, KEPULAUAN SITARO - Pos Pemantau Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau-Tagulandang-Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara mencatat luncuran lava pijar dari puncak kawah mencapai kira-kira 750-1.500 meter.

Luncuran lava pijar ini makin intensif sejak Rabu kemarin dimulai sejak pukul 16.00 WITA dan mulai tampak bara api.

"Hingga kini luncuran lava pijar masih terjadi dan mengarah barat dari puncak kawah," sebut Petugas Pos Pemantau Gunung Api Karangetang Yudia Prama Tatipang di Manado, Rabu.

Ada beberapa kampung yang harus mewaspadai luncuran lava pijar gunung api aktif ini, di antaranya Kampung Dompase, Winangun dan Kinali.

"Kemungkinan arah luncuran bisa berubah arah, ke selatan tenggara misalkan, tergantung aktivitas yang ada di puncak kawah," katanya.

Sebelum terjadi luncuran lava pijar ini, koordinasi terus dibangun dengan instansi terkait di daerah seperti badan penanggulangan bencana daerah untuk langkah antisipasi.

"Jarak antara ujung luncuran lava pijar dengan pemukiman penduduk ada sekitar dua kilometer. Karena itu kami terus mengimbau agar warga tetap waspada dan mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi," katanya.

Paling berisiko, kata dia, adalah warga yang melakukan aktivitas berkebun di area lereng yang dekat dengan jarak luncuran lava. (antara/jpnn)


Beberapa kampung harus mewaspadai luncuran lava pijar Gunung Karangetang karena erupsi makin intensif.

Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close