Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Habibie di Universitas Paramadina

Jumat, 28 November 2008 – 15:17 WIB
Habibie di Universitas Paramadina - JPNN.COM
JAKARTA—Bangsa Indonesia saat ini sangat membutuhkan model seorang pemimpin yang pro terhadap rakyat. Artinya, meski model pemimpin itu nantinya mengikuti perkembangan zaman, namun tetap berorientasi pada masyarakat bawah dalam hal ini rakyat. Demikian yang diutarakan mantan Presiden B.J. Habibie saat menghadiri diskusi bertemakan ''Apa yang Masih Salah dengan Bangsa Kita'' di Universitas Paramadina Jakarta, Jumat (28/11).

Dijelaskannya, kalau model kepemimpinan tahun 1945 lalu kemudian akan diterapkan pada zaman sekarang ini, tentu akan berbeda total. Karena, ada elemen yang tetap dan ada pula elemen yang berubah pula.

Lanjut dia, model kepemimpinan yang dimaksud itu adalah adalah yang mampu menyesuaikan diri dengan berbagai aspek kehidupan. ''Jika tidak ada model seperti itu, maka langkah yang diambil pemerintah nantinya akan acak-acakan atau reaktif,'' ungkapnya.

Presiden pengganti Soeharto ini mencontohkan model kepemimpinan yang tetap berorientasi pada masyarakat adalah bersedia membangun prasarana ekonomi masyarakat dan menangani masalah ketenagakerjaan. ''Dengan adanya model seperti ini, akhirnya nanti pemerintah mempunyai langkah yang jelas dan nyata. Disamping itu, nantinya akan mampu untuk menentukan kira-kira mana program yang diprioritaskan untuk segera dilaksanakan,'' pungkasnya.(sid/JPNN)

JAKARTA—Bangsa Indonesia saat ini sangat membutuhkan model seorang pemimpin yang pro terhadap rakyat. Artinya, meski model pemimpin itu nantinya

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close