Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hari Ini KPU Mulai Merekap Hasil Coblosan di Luar Negeri

Sabtu, 04 Mei 2019 – 12:58 WIB
Hari Ini KPU Mulai Merekap Hasil Coblosan di Luar Negeri - JPNN.COM
Ilustrasi prores rekapitulasi suara hasil Pemilu 2019. Foto: Radar Solo/JPG

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai merekap suara hasil coblosan Pemilu 2019 di mancanegara. Untuk itu, KPU menggelar rapat pleno rekapitulasi suara tingkat nasional Pemilu 2019 untuk daerah pemilihan luar negeri, Sabtu (4/5) di Jakarta.

Perwakilan kontestan Pemilu 2019 juga hadir dalam rapat pleno yang digelar di kantor pusat KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakpus itu. "Insyaallah KPU RI akan memulai rekapitulasi nasional hasil pemilu, dimulai dengan rekapitukasi dari luar negeri," kata Komisioner KPU Viryan Aziz di kantornya.

Baca juga: Berbagi Keceriaan Lewat Syukuran Pemilu 2019 bagi WNI di Negeri Kiwi

Sebagai tahap awal, rekapitulasi suara akan membahas laporan dari 26 panitia pemilihan luar negeri (PPLN). Yakni PPLN Sarajevo, Pyongyang, Lima, Tashkent, Cape Town, Bucharest, Tunis, Lisbon, Karachi, Praha, Hanoi, Yangoon, Rabat, New Delhi, Dakar, Helsinki, Wina, Moskow, Khartoum, Bandar Seri Begawan, Taipei, Kuwait, Melbourne, Singapura, Perth dan Tokyo.

"KPU sudah siap melalukan rekapitulasi tingkat nasional," ujar Viryan. Baca juga: Rekapitulasi Nasional Pemilu 2019 Dimulai Hari Ini

Mantan anggota KPU Kalimantan Barat itu menjelaskan, masih terdapat beberapa PPLN yang menggelar pemungutan suara ulang (PSU). Antara lain di Kuala Lumpur dan Sydney.

"Jadi, yang dimungkinkan terjadi rekomendasi (PSU) dari bawaslu di dua itu saja. Prinsipnya akan kami selesaikan," pungkas dia.(mg10/jpnn)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai merekap suara hasil coblosan Pemilu 2019 di mancanegara dengan menggelar rapat pleno atas hasil kerja 26 PPLN.

Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close