Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hollywood Berkabung Kehilangan Paul Newman

Senin, 29 September 2008 – 04:29 WIB
Hollywood Berkabung Kehilangan Paul Newman - JPNN.COM
LOS ANGELES - Kepergian Paul Newman, aktor sekaligus sutradara papan atas Hollywood, pada Jumat (27/09) membuat banyak pihak berduka. Termasuk dari luar kalangan perfilman. Newman tak hanya dikenang karena kepiawaiannya di layar kaca, tapi juga sikap kedermawanannya. Terutama terhadap anak-anak.

”Dia akan dikenal sebagai artis, gentleman, dan dermawan yang memiliki karir luar biasa,’’ kata Dan Glickman dari Motion Picture Association of America (MPAA) seperti dikutip Associated Press. Menurut dia, kemampuan akting Newman sama moncernya dengan kebiasannya bederma. Melalui Newman’s Own Foundation, dia telah mengumpulkan lebih dari USD 250 juta untuk membantu anak-anak berpenyakit mematikan.

Mantan Presiden AS Bill Clinton dan istrinya, Hillary Clinton, juga memuji sikap kedermawanan Newman. ’’Paul (Newman) adalah ikon AS, filantropis, dan penyayang anak-anak,’’ katanya memuji lelaki yang berpulang pada usia 83 tahun itu. Hal senada juga diungkapkan lima putri Newman dari dua perkawinan yang berbeda. ’’Ayah memiliki karakter rendah hati dan dermawan yang ditunjukkan selama hidupnya,’’ tulis mereka dalam sebuah surat pernyataan.

Duka tidak hanya dirasakan keluarga, terutama sang istri, Joanne Woodward, tapi juga para artis Hollywood yang lain. ’’Ada kalanya perasaan ini tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Saya telah kehilangan teman sesungguhnya,’’ kata Robert Redford, 72, yang pernah bermain bersama Newman dalam Butch Cassidy and the Sundance Kid dan The Sting. ’’Dia adalah pahlawan saya,’’ sambung Julia Roberts kepada majalah People.

Gubernur California yang juga mantan artis Hollywood Arnold Schwarzenegger menyatakan salut kepada Newman. ’’Laki-laki pasti ingin menjadi seperti sosoknya, sedangkan perempuan pasti ingin menjadi pasangannya,’’ katanya seperti dilansir AFP.

’’Pekerja film. Begitu Newman menggambarkan dirinya. Bukan artis,’’ kata sutradara Sam Mendes yang bekerja sama dengan Newman dalam film Road to Perdition 2002.

Banyak yang menganggap sikap Newman yang tidak suka mengobral cerita di media menjadikannya memiliki karisma luar biasa. Hampir tidak ada cerita di media tentang kehidupan pribadinya. Karena ingin privasi itulah, Newman memilih tinggal jauh dari hiruk-pikuk Hollywood dan menikmati masa tua di rumah pertanian di kawasan Westport, Connecticut.

Kendati demikian, Newman bukannya tidak pernah berbagi. Enam tahun silam dia pernah menceritakan perubahan yang dialaminya. ’’Dulu saya membuat tiga film dalam setahun. Sekarang cukup satu film dalam tiga tahun. Ada banyak tawaran film. Tapi, saya tidak menginginkan film yang ada ledakan, kaca pecah, atau darah. Itu bukan film yang membuat saya tertarik,’’ katanya. (any/tia)

LOS ANGELES - Kepergian Paul Newman, aktor sekaligus sutradara papan atas Hollywood, pada Jumat (27/09) membuat banyak pihak berduka. Termasuk dari

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA