Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hore! TBM di Surabaya Mulai Dibuka Pekan Depan

Senin, 27 September 2021 – 17:20 WIB
Hore! TBM di Surabaya Mulai Dibuka Pekan Depan - JPNN.COM
Taman Bacaan Masyarakat di Surabaya sebelum pandemi Covid-19. Foto: Humas Pemkot Surabaya

jpnn.com, SURABAYA - Seluruh layanan taman bacaan masyarakat (TBM) di Kota Surabaya bakal dibuka mulai pekan depan. Izin tersebut muncul setelah lolos asesmen Satgas Covid-19 Surabaya. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya Musdiq Ali Sahidi mengatakan untuk tahap awal, ada empat TBM yang bakal dilakukan uji coba. 

"Kemarin kami berencana ada 12 TBM yang diajukan uji coba untuk dibuka, tetapi yang sudah turun asesmen ada empat TBM," kata Musdiq tertulis, Senin (27/9).

Empat tempat yang dibuka itu di antaranya TBM RW 14 Ujung, RW 3 Kebraon, Rusun Tanah Merah, dan RW 3 Sukolilo Baru.

"Hasil asesmen satgas sudah kami sampaikan ke petugas TBM supaya memenuhi prokes. Pengunjungnya juga maksimal 25 persen dan dibatasi waktu satu sampai dua jam," ujar dia. 

Setiap buku yang sudah dibaca akan dikarantina selama dua hari, dimasukkan ke kotak khusus yang tersedia. Setelah itu dijemur disemprot dengan disinfektan

"Saran dari asesmen, agar menggunakan semprotan aerosol, tetapi tergantung juga kemampuan teman-teman (petugas TBM, red) di lapangan," ucap dia.

Dispusip Surabaya mencatat ada sebanyak 532 TBM di seluruh Kota Pahlawan yang tersebar di setiap Balai RW, rumah susun, hingga taman-taman kota. 

Untuk TBM di taman kota masih belum diizinkan beroparsi lantaran menyesuaikan kebijakan pembukaan taman. Hal itu juga berlaku bagi mobil perpustakaan keliling. 

"Seperti TBM di Taman Flora dan Taman Ekspresi belum bisa buka, karena tamannya masih tutup. Jadi, kami menyesuaikan kebijakan yang ada di sana," kata Musdiq. (mcr12/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Mulai pekan depan TMB Surabaya segera dibuka secara bertahap sesuai asesmen Satgas Covid-19.

Redaktur : Elvi Robia
Reporter : Arry Saputra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close