Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Huawei Ubah Fokus Setelah Dilumpuhkan Sanksi Amerika

Selasa, 25 Mei 2021 – 17:00 WIB
Huawei Ubah Fokus Setelah Dilumpuhkan Sanksi Amerika - JPNN.COM
Ilustrasi logo Huawei. Foto: Antara

jpnn.com - Pendiri perusahaan teknologi China Huawei Technologies, Ren Zhengfei, meminta staf di perusahaan untuk "berani memimpin dunia" dalam pengembangan perangkat lunak saat Huawei berupaya bertumbuh di luar operasi perangkat keras yang dilumpuhkan oleh sanksi Amerika Serikat.

Dalam memo internal yang dilihat oleh Reuters, Ren mengatakan perusahaan tersebut berfokus pada perangkat lunak karena pengembangan masa depan di bidang perangkat lunak pada dasarnya "di luar kendali AS dan kami (Huawei) akan memiliki kemandirian dan otonomi yang lebih besar".

Huawei dimasukkan dalam daftar hitam ekspor oleh mantan Presiden AS Donald Trump pada 2019 dan dilarang mengakses produk teknologi penting asal AS. Langkah itu menghalangi kemampuan Huawei untuk merancang chip dan komponen sumbernya sendiri dari vendor luar.

Daftar hitam itu juga melarang Google memberikan dukungan teknis untuk model ponsel baru Huawei dan akses ke Layanan Seluler Google, paket layanan pengembang yang menjadi dasar bagi sebagian besar aplikasi Android.

Larangan itu membuat bisnis handset Huawei berada di bawah tekanan besar, dan ada pertanyaan tentang kemampuan perusahaan teknologi China itu dalam memasok peralatan telekomunikasi yang pernah menjadi bisnis intinya.

Karena akan sulit bagi Huawei untuk menghasilkan perangkat keras canggih dalam jangka pendek, Huawei harus fokus pada pembangunan ekosistem perangkat lunak, seperti sistem operasi HarmonyOS, sistem AI cloud Mindspore, dan produk teknologi informasi lainnya, menurut memo internal Huawei yang dilihat Reuters. (ant/dil/jpnn)

Daftar hitam itu juga melarang Google memberikan dukungan teknis untuk model ponsel baru Huawei dan akses ke Layanan Seluler Google

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close