Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ibunda Gloria Hamel Sebut Setoran Rp 50 Juta Tak Menjamin Jadi WNI

Selasa, 05 September 2017 – 13:23 WIB
Ibunda Gloria Hamel Sebut Setoran Rp 50 Juta Tak Menjamin Jadi WNI - JPNN.COM
Uang Rupiah Baru. Ilustrasi Foto: Ridwan/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ibunda Gloria Natapradja Hamel, Ira Hartini mengungkapkan fakta mengejutkan soal dana naturalisasi Rp 50 juta untuk anak setengah Indonesia. Menurut Ira, dana tersebut memang masuk ke kas negara tapi fakta di lapangan banyak yang sudah bayar Rp 50 juta tapi tidak bisa menjadi WNI. Alhasil status kewarganegaraannya tidak jelas.

Atas dasar itulah, lanjut Ira, dirinya mengajukan jusidicial review UU Kewarganegaraan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sayangnya, gugatannya tersebut tidak dikabulkan MK.

"Anak yang setengah ini kan ada darah Indonesia juga. Kami patuh terhadap putusan MK tapi kami minta jangan terlalu mahal lah biaya naturalisasinya," ujar Ira dalam dialog live di salah satu TV swasta, Selasa (5/9).

Ira yang bersuamikan pria berkebangsaan Prancis ini menyebutkan, tidak semua wanita Indonesia yang menikah dengan pria bule mampu secara finansial. Walaupun sebagai ortu, akan berupaya semaksimal mungkin agar anaknya bisa mendapatkan kewarganegaraan.

"Nggak semua bule loh mampu makanya banyak anak hasil kawin campur tidak punya kewarganegaraan," ujarnya.

Dia mengungkapkan, Gloria memang mendapatkan jalur khusus dari Kemenkumham untuk menjadi WNI. Namun, banyak anak setengah Indonesia yang meminta keadilan. "Mereka bilang kok Gloria bisa dapat jalur khusus. Gloria memang diberi jalur khusus tapi Pak Menterinya kan nggak mungkin kasi uang Rp 50 jutanya," ucapnya.

Agar anak setengah Indonesia bisa mendapatkan status WNI, Ira mengulkan agar syaratnya dipermudah dan biayanya jangan terlalu mahal.(esy/jpnn)

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close