Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

IDI Gelar Konferensi Pers soal COVID-19, Tidak Ada Kabar Baik

Minggu, 27 Juni 2021 – 23:15 WIB
IDI Gelar Konferensi Pers soal COVID-19, Tidak Ada Kabar Baik - JPNN.COM
Kapasitas rumah sakit yang bisa menangani pasien Covid-19 di Indonesia bakal bertambah menjadi 85 ribu tempat tidur. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi mengatakan bahwa fasilitas kesehatan dari rumah sakit sampai puskesmas telah dipenuhi pasien Covid-19.

Hal ini disampaikan Adib saat menggelar konferensi pers virtual yang diselenggarakan Tim Mitigasi PB IDI dan 5 organisasi profesi terkait (PAPDI, PDPI, PERDATIN, IDAI, dan PERKI) mengenai melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia,  Minggu (27/6).

"Pada kesempatan kali ini, kami ingin membawa satu persamaan persepsi, membaca realita yang ada di lapangan, kondisi faktual yang ada di lapangan yang ini menurut kami nanti perlu ada upaya yang tegas," kata dia.

Adib menjelaskan, fasilitas kesehatan sudah melebihi kuota, khususnya di Provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

"Bagaimana overloadnya kapasitas di perawatan baik itu di RS bahkan di puskesmas. Karena saat ini puskesmas dimaksimalkan juga untuk merawat Covid-19," kata dia.

Bahkan, Adib menyarakan banyak pasien Covid-19 yang menunggu antrean karena menumpuknya penderita virus menular itu. Dia mengatakan kondisi tersebut terpampang jelas di media sosial.

"Kondisi ini tentunya memberikan satu warning buat kita bahwa kami bicara di hilir. Kami para dokter berada di hilir di tahap treatment di faskes tentunya punya limitasi, baik keterbatasan secara fasilitas maupun sdm yang itu juga berkaitan dengan kondisi psikis, fisik, dan tenaga kesehatan," kata dia. (tan/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Sekretaris Jenderal Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi mengatakan bahwa fasilitas kesehatan dari rumah sakit sampai puskesmas telah dipenuhi pasien Covid-19. Dia menilai perlu langkah tegas untuk menanggapi isu tersebut.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Jaga Hati

    Rabu, 24 April 2024 – 07:07 WIB
    Jaga Hati - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Zeni

    Sabtu, 13 April 2024 – 08:46 WIB
    Zeni - JPNN.com
  • Hukum

    Kadinkes Sumut Ditahan Jaksa terkait Korupsi APD Rp 24 Miliar

    Rabu, 13 Maret 2024 – 21:13 WIB
    Kadinkes Sumut Ditahan Jaksa terkait Korupsi APD Rp 24 Miliar - JPNN.com
  • Humaniora

    Akademisi UI Terbitkan Buku Evaluasi Efektivitas PPKM dalam Penanganan Pandemi Covid-19

    Senin, 11 Maret 2024 – 14:19 WIB
    Akademisi UI Terbitkan Buku Evaluasi Efektivitas PPKM dalam Penanganan Pandemi Covid-19 - JPNN.com
X Close