Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ikuti Jejak Amerika, Guatemala Kena Semprot Dunia

Rabu, 27 Desember 2017 – 06:30 WIB
Ikuti Jejak Amerika, Guatemala Kena Semprot Dunia - JPNN.COM
Presiden Guatemala Jimmy Morales menjabat tangan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu saat berkunjung ke Tel Aviv pada 2016 lalu. Foto: AFP

jpnn.com - Cibiran dan cacian langsung dilontarkan berbagai negara ke Guatemala. Pasalnya, negara miskin di kawasan Amerika Tengah itu jadi yang pertama mengikuti jejak Amerika Serikat memindahkan kantor kedutaan besar mereka dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Kementerian Luar Negeri Palestina menyebut tindakan Guatemala itu memalukan dan ilegal, karena sepenuhnya melawan keinginan para pemimpin gereja di Yerusalem dan resolusi Majelis Umum PBB.

Kritik serupa dilontarkan Presiden Bolivia Evo Morales. Dia mengatakan, pemerintah Guatemala telah mengolok-olok komunitas internasional dengan cara mengabaikan resolusi Majelis Umum PBB dan memutuskan memindahkan kedutaannya ke Yerusalem.

Pernyataan senada dilontarkan Menteri Luar Negeri Jordania Ayman Safadi. ’’Itu adalah provokasi yang absurd dan pelanggaran terhadap undang-undang internasional,’’ tegas Safadi.

Sementara itu, aksi massa menentang langkah Israel masih terjadi di Tepi Barat dan Yerusalem Timur. Bentrok terjadi hampir setiap hari.

Hingga kemarin, Selasa (26/12), lebih dari 2.900 orang terluka dan 500 orang lainnya dipenjara Israel. Selain itu, setidaknya 15 warga Palestina tewas tertembus peluru Israel ataupun luka saat melakukan aksi turun ke jalan. (sha/c17/any)

ibiran dan cacian langsung dilontarkan berbagai negara ke Guatemala setelah pengumuman soal rencana pemindahan kantor kedubes ke Yerusalem

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close