Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ilmuwan Kembangkan Whisky jadi BBM

Kamis, 19 Agustus 2010 – 14:40 WIB
Ilmuwan Kembangkan Whisky jadi BBM - JPNN.COM
PARA ilmuwan di Edinburgh, Skotlandia tengah mengembangkan sebuah jenis whisky baru yang dapat digunakan untuk bahan bakar ramah lingkungan. Para peneliti telah menemukan formula untuk menggunakan limbah dari penyulingan minuman terkenal Skotlandia, "Pot Ale" atau cairan dari penyulingan tembaga dan sampah, yang merupakan sisa biji gandum yang telah dipakai.

Jika dicampur, bahan-bahan tersebut dapat menghasilkan sejenis alkohol bernama butanol, yang bisa menjadi bahan bakar kendaraan bermotor seperti halnya etanol. Profesor Martin Tangney dari Universitas Napier mengatakan, temuan itu menarik para pengusaha wiski maupun sektor ramah lingkungan dan wiski,

"Mereka berencana untuk mencoba tantangan tersebut dan membawanya ke pasar. Jika mereka benar-benar menerima tantangan itu, maka dalam beberapa tahun bahan bakar jenis itu dapat terwujud," ucap Tangney seperti dikutip Euronews, kemarin.

Para ilmuwan mengatakan, butanol mampu menghasilkan energi 25 persen lebih banyak dibanding etanol. Bahan bakar ini juga dapat digunakan ke mesin berbahan bakar bensin tanpa perlu memodifikasi mesin. Sedangkan etanol, penggunannya untuk mesin berbahan bakar bensin perlu modifikasi mesin.(ara/jpnn)

PARA ilmuwan di Edinburgh, Skotlandia tengah mengembangkan sebuah jenis whisky baru yang dapat digunakan untuk bahan bakar ramah lingkungan. Para

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close