Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Imunisasi Wajib Jalan Terus Selama Pandemi, Jangan Putus Asa, Ada Kemudahan kok

Minggu, 18 Oktober 2020 – 12:00 WIB
Imunisasi Wajib Jalan Terus Selama Pandemi, Jangan Putus Asa, Ada Kemudahan kok - JPNN.COM
Ilustrasi anak mendapat imunisasi. Foto: JPG/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Imunisasi rutin dianggap penting dijalani seluruh masyarakat Indonesia meskipun negara tengah melanda negara. Imunisasi justru menghindari wabah lainnya terjadi di Tanah Air.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Vaksinolog Dirga Sakti Rambe mengatakan, sekalipun pandemi, imunisasi rutin harus jalan terus.

“Ini tidak boleh terjadi, jika cakupan imunisasi turun maka kita akan menghadapi outbreak (wabah) di tengah pandemi Covid-19. Imunisasi rutin harus tetap berjalan,” kata dia dalam forum dialog ‘Lindungi Diri Saat Pandemi’ yang diselenggarakan di Media Center Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Sabtu (17/10).

Menurutnya, Kementerian Kesehatan sudah menyusun berbagai macam protokol kesehatan dalam pelayanan imunisasi rutin. Misalnya pengaturan kedatangan, penggunaan masker, pembatasan sosial, petugas kesehatan memakai Alat Pelindung Diri (APD), hingga inovasi yang sudah dijalankan saat ini.

“Ada vaksinasi drive thru, ada (petugas) yang ke rumah. Keluarga kita harus mendapatkan imunisasi di masa pandemi. (kita harus sadar) bahwa imunisasi adalah tanggung jawab sosial, bukan soal melindungi diri sendiri,” ujarnya.

Imunisasi rutin pun diakuinya tidak hanya dilakukan untuk balita dan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. (tan/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Masyarakat wajib menjalani imunisasi rutin meskipun negara tengah dilanda pandemi Covid-19 ini. Pemerintah sudah cukup memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk melakukan imunisasi.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close