Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Informasi Keliru Mengenai Produk Tembakau Alternatif, Membuat Perokok Ogah Berallih

Rabu, 16 Februari 2022 – 23:25 WIB
Informasi Keliru Mengenai Produk Tembakau Alternatif, Membuat Perokok Ogah Berallih - JPNN.COM
Ilustrasi orang sedang menggunakan rokok elektrik atau vape. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Koalisi Indonesia Bebas TAR (KABAR) Ariyo Bimmo menekankan pentingnya bagi perokok dewasa untuk mendapatkan akses informasi yang akurat dan netral, mengenai produk tembakau alternatif.

Contohnya seperti produk tembakau yang dipanaskan, rokok elektrik, dan snus/kantong nikotin.

Sebab, informasi keliru yang beredar di publik berpotensi menghambat para perokok dewasa untuk beralih ke produk yang lebih rendah risiko ini.

“Informasi keliru mengenai produk tembakau alternatif sangat masif di Indonesia, sehingga membuat perokok dewasa enggan untuk beralih ke produk tembakau alternatif. Padahal, produk ini memiliki potensi yang signifikan untuk membantu perokok dewasa beralih dari kebiasaan merokok secara bertahap,” kata Bimmo.

Untuk menekan semakin luasnya informasi keliru tersebut, Bimmo berharap pemerintah bisa mendorong kajian ilmiah dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan terkait.

Mulai dari kementerian dan lembaga, akademisi, praktisi kesehatan, pelaku usaha, hingga konsumen. Harapannya, hasil dari kajian tersebut menjadi informasi akurat bagi masyarakat luas dan perokok dewasa.

“Kami berharap pemerintah mulai tergerak untuk melakukan dan mendorong kajian ilmiah, karena informasi yang akurat berbasis penelitian merupakan solusi demi menekan penyebaran informasi yang keliru mengenai produk tembakau alternatif,” seru Bimmo.

Selain itu informasi yang akurat juga akan mendorong perokok dewasa untuk beralih, sehingga hasilnya diharapkan dapat mendorong penurunan prevalensi merokok di Indonesia.(chi/jpnn)

Informasi keliru yang beredar di publik berpotensi menghambat para perokok dewasa untuk beralih ke produk yang lebih rendah risiko ini.

Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close