Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Infrastruktur Kerek Kepuasan Publik atas Kinerja Jokowi-JK

Kamis, 02 November 2017 – 15:20 WIB
Infrastruktur Kerek Kepuasan Publik atas Kinerja Jokowi-JK - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan pakaian adat saat menghadiri Sidang Tahunan MPR 2017 di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (16/8). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga survei Populi Center merilis hasil survei tentang penilaian masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) selama tiga tahun terakhir. Dari survei yang dilakukan pada periode 19 hingga 26 Oktober 2017 terhadap 1.200 responden di 34 provinsi, mayoritas merasa puas atas kinerja Jokowi-JK.

Direktur Populi Center Usep S Ahyar mengatakan, mayoritas masyarakat merasa puas karena pembangunan yang dilakukan pemerintahan Jokowi-JK bercorak Indonesia Sentris. Artinya, pembangunan tidak hanya terpusat di Pulau Jawa, melainkan ke seluruh tanah air.

Usep mengatakan, berdasar penilaian responden, corak pembangunan yang berjalan sudah menunjukkan dampak yang terasa di tengah masyarakat Indonesia. "Paling banyak masyarakat Indonesia yang setuju dengan kebijakan pembangunan tol lintas Sumatera (77,5 persen), pembangunan rel kereta di Sulawesi (73,6 persen) dan pembangunan Trans Papua (75,8 persen),” papar Usep di Slipi, Jakarta Barat, Kamis (2/11).

Usep menuturkan, kebijakan Jokowi-JK yang dirasa paling bermanfaat untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat adalah program kartu sakti, yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Total ada 50,7 persen responden merasa pembagian kartu-kartu ini bermanfaat.

Kemudian 8,4 persen responden merasa kebijakan pembangunan tol di Sumatera, Sulawesi, dan Jawa bermanfaat untuk masyarakat. Selanjutnya ada 7,2 responden yang menganggap proyek 35.000 mengawatt listrik dirasa bermanfaat.

Lalu sebanyak 62 persen responden puas dengan kinerja Jokowi-JK selama tiga tahun masa kepemimpinannya. Untuk yang tidak puas sebesar 35,1 persen.

Dari kategori wilayah, yang merasa puas dengan kinerja Jokowi adalah 62,3 persen masyarakat yang tinggal di Pulau Jawa. Sedangkan 61,7 persen adalah masyarakat yang puas tinggal di luar Pulau Jawa.

Survei itu menggunakan metode acak bertingkat atau multistage random sampling. Sedangkan margin of error survei Populi itu kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.(elf/JPC)

Lembaga survei Populi Center merilis hasil survei tentang penilaian masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla selama tiga tahun terakhir.

Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close