Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ingat, Jangan Sampai Badan Cyber Membelenggu Kebebasan

Sabtu, 07 Januari 2017 – 15:13 WIB
Ingat, Jangan Sampai Badan Cyber Membelenggu Kebebasan - JPNN.COM
Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Pemerintah tengah membahas pembentukan Badan Cyber Nasional (BCN). Kementerian Pertahanan bahkan sudah merekrut 50 ahli teknologi informasi (TI) untuk duduk di BCN.

Namun, anggota Komisi I DPR yang membidangi pertahanan dan komunikasi, Effendi Simbolon menyatakan, BCN sebaiknya hanya mengawasi saja. Menurutnya, jika BCN punya kewenangan mengatur maka hal itu akan menimbulkan persoalan baru.

Kekhawatiran Effendi adalah pada kebebasan masyarakat akan terbelenggu jika BCN juga punya kewenangan mengatur. "Kalau nanti fungsinya jangan mengatur, harusnya mengawasi saja biar tidak membelenggu masyarakat," ujar Effendi dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (7/1).

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menambahkan, jangan sampai Indonesia justru mundur ke belakang karena terlalu represif termasuk di dunia maya. Menurutnya, membatasi ruang gerak masyarakat justru akan kontraproduktif.

"Ini jadi seperti ke Orde Baru dan negara sudah tidak berdaulat lagi," ungkapnya.(cr2/JPG)

Pemerintah tengah membahas pembentukan Badan Cyber Nasional (BCN). Kementerian Pertahanan bahkan sudah merekrut 50 ahli teknologi informasi (TI)

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close