Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Data Jumlah Kecelakaan Mudik Lebaran

Senin, 11 Juni 2018 – 14:52 WIB
Ini Data Jumlah Kecelakaan Mudik Lebaran - JPNN.COM
Pemudik menggunakan sepeda motor saat melintad di Jalan Raya Cicalengka, Kabupaten Bandung, Minggu (10/6). Foto: RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sesuai data Korlantas Polri, hingga Minggu (10/6) pagi diketahui jumlah kecelakaan di masa mudik lebaran ini mencapai 180 kejadian.

Dengan jumlah korban meninggal dunia mencapai 40 orang, luka berat 28 orang dan luka ringan 258 orang. ”Data belum terkumpul semua, menunggu hingga tengah malam ya,” jelas Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Korlantas Polri Kombespol Benyamin.

Menurutnya, kendati jumlah kecelakaan meningkat drastis dibanding hari Sabtu yang hanya 70 kecelakaan. Namun, bila dibandingkan dengan jumlah kecelakaan tahun lalu sangat menurun. ”Tahun lalu hingga H-6 itu jumlah kecelakaan mencapai 278 kejadian,” ujarnya.

Sementara Direktur Kamsel Korlantas Polri Brigjen Chrysnanda Dwilaksana mengatakan, sesuai dengan analisa Korlantas berdasarkan perilaku mengemudi, penyebab kecelakaan terbanyak adalah ceroboh saat berbelok. ”Di jalur mudik dan non mudik, banyak kecelakaan akibat saat berbelok tidak waspada,” ujarnya.

Selanjutnya, prilaku yang menyebabkan kecelakaan itu adalah ceroboh saat menyalip. Dia menjelaskan, pengemudi saat menyalip kendaraan tidak mempertimbangkan kendaraan dari arah berlawanan atau pun lainnya.

”Perilaku lainnya adalah gagal memberikan tanda saat berkendara, misalnya saat mauk belok tidak memberikan tanda belok,” jelasnya. (jun/idr/tau)

Hingga Minggu pagi, jumlah kecelakaan di masa mudik lebaran sudah mencapai 180 kejadian, jumlah meninggal dunia 40 orang.

Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close