Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Kata KNKT soal FDR Black Box Lion Air JT610

Kamis, 01 November 2018 – 21:24 WIB
Ini Kata KNKT soal FDR Black Box Lion Air JT610 - JPNN.COM
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono saat memperlihatkan black box Lion Air JT610 yang ditemukan, di JICT 2, Jakarta Utara, Kamis (1/11). Foto: Ridwan/JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan salah satu black box pesawat Lion Air JT610 yang ditemukan di dasar laut perairan Karawang, Jawa Barat, Kamis (1/11) merupakan flight data recorder (FDR).

"Ini kemungkinan besar FDR tapi nanti di lab akan dicari tahu FDR atau CVR (cockpit voice recorder)," kata Soerjanto di JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/11).

Soerjanto menuturkan, black box jenis FDR berisi data kecepatan, arah dan ketinggian pesawat ketika berada di udara. Bahkan di dalamnya tersimpan rekaman selama 25 jam proses penerbangan Lion Air JT610. "Sehingga bisa (dimulai) menguak misteri kenapa bisa kecelakaan," ujarnya.

Kendati demikian, kata Soerjanto, pihaknya akan kembali memastikan melalui uji laboratorium jika black box tersebut benar FDR. Namun dari ciri-ciri yang dilihat dimungkinkan FDR. "FDR dari kabel-kabelnya lebih banyak," pungkasnya. (rdw/jpc)

Satu dari black box Lion Air JT610 ditemukan di perairan Karawang, Kamis (1/11). Diduga kuat merupakan FDR.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close