Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Langkah Terobosan Bu Risma di Tengah Wabah Virus Corona

Kamis, 26 Maret 2020 – 23:54 WIB
Ini Langkah Terobosan Bu Risma di Tengah Wabah Virus Corona - JPNN.COM
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memimpin rapat koordinasi soal kondisi perekonomian via teleconference di dapur umum penanganan COVID-19 Balai Kota Surabaya, Kamis (26/3/2020). FOTO: ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya

jpnn.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melakukan sebuah terobosan dengan memimpin rapat koordinasi membahas kondisi perekonomian di Kota Pahlawan, Jawa Timur, Kamis (26/3), di tengah wabah COVID-19.

"Hal ini penting untuk bersama-sama menjaga kepercayaan dan profesionalisme kita,” kata Wali Kota Risma saat teleconference yang dilakukan di dapur umum penanganan COVID-19 Balai Kota Surabaya.

Rapat koordinasi itu diikuti oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Timur, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), pihak Gojek dan Grab, para jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya dan jajaran kepolisian.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Risma meminta semua pihak bersama-sama melakukan social distancing (jaga jarak) dan bersama-sama menjaga profesionalismenya masing-masing.

 

Selain itu, juga meminta para pengusaha itu untuk membuat video cuci tangan atau pakai hand sanitizer lalu disampaikan ke media sosial mereka masing-masing.

Risma yang juga Presiden United Cities and Local Goverment (UCLG) Asia Pasifik ini banyak mendengarkan penjelasan kondisi perekonomian Surabaya dilihat dari berbagai bidang, termasuk keluh kesah pengusaha itu dan langsung mengambil kebijakan apabila masih dalam ranah Pemkot Surabaya.

Risma meminta driver gojek dan grab tidak perlu masuk ke dalam mal untuk membelikan orderan pelanggan. Makanya, ia berharap pihak mal untuk menyediakan semacam lemari atau rak di luar mal yang bisa dijadikan tempat pesanan pelanggan Grab dan Gojek.

"Nantinya, driver Gojek dan Grab cukup mengambil di lemari itu dan selanjutnya dibawa masuk ke bilik sterilisasi yang sudah disediakan pemkot, lalu sampai ke rumah pelanggan juga pakai hand sanitizer, sehingga ini bisa menjaga kepercayaan masyarakat," katanya.

Wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu juga meminta pihak pengusaha kuliner atau pun makanan untuk terus berinovasi di tengah wabah COVID-19 ini. Menurutnya, kondisi sekarang ini jauh berbeda dari kondisi biasanya, makanya dituntut ada sinergi dan inovasi sebanyak mungkin.

"Kita tidak boleh menyerah dan putus asa untuk menghadapi ini semua. Tidak mungkin Tuhan hanya memberikan kesulitan. Pasti dibalik kesulitan itu, Tuhan memberikan kebahagiaan. Hanya orang-orang yang mau berjuang yang menjadi pemenang. Jadi ayo jangan menyerah dan bekerja keras, ayo berinovasi terus menerus," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya M. Fikser mengatakan ini rapat teleconference pertama yang dilakukan Wali Kota Risma selama mewabahnya COVID-19. Rapat via teleconference itu menggunakan video call dengan aplikasi zoom.

"Kita rapat tentang kondisi perekonomian Surabaya. Bu Wali (Wali Kota Risma) diskusi dengan mereka tentang kondisi terakhir perekonomian Surabaya, termasuk pula apa saja yang dilakukan oleh pihak-pihak ini dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19 dan kebijakan apa saja yang dibutuhkan untuk membantu mereka di tengah mewabahnya COVID-19 ini," kata dia.

Menurut Fikser, rapat koordinasi menggunakan teleconference itu merupakan salah satu upaya Pemkot Surabaya dalam mengurangi pertemuan dan kontak fisik yang saat ini terus dibatasi. Ke depannya, rapat-rapat dengan OPD akan menggunakan aplikasi ini untuk meminimalisir pertemuan atau kontak fisik.

"Apalagi ini kan bisa diikuti oleh 100 orang, sehingga ke depannya akan kita atur seperti ini hingga akhirnya kondisi Surabaya normal kembali," katanya.(Antara/jpnn)

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melakukan sebuah terobosan di tengah wabah COVID-19.

Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close