Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penyebab Jokowi Kesengsem ST Burhanuddin untuk Kursi Jaksa Agung

Kamis, 24 Oktober 2019 – 21:47 WIB
Penyebab Jokowi Kesengsem ST Burhanuddin untuk Kursi Jaksa Agung - JPNN.COM
Jaksa Agung ST Burhanuddin. Foto : Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantah anggapan yang menyebut hubungan kekeluargaan antara ST Burhanuddin dengan politikus PDI Perjuangan TB Hasanuddin menjadi pertimbangannya dalam memilih figur Jaksa Agung di Kabinet Indonesia Maju.

Saat berdialog dengan jurnalis di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10), Jokowi yang juga kader PDI Perjuangan mengungkap alasan dirinya tertarik pada Burhanuddin yang pernah menjabat Jaksa Agung Muda Tata Usaha Negara (Jamdatun) Kejagung.

Alasan pertama Jokowi memilih ST Burhanuddin menjadi Jaksa Agung karena Presiden Ketujuh RI itu membutuhkan figur internal untuk memahami berbagai hal di Korps Adhyaksa.

"Kemudian Pak Jaksa Agung juga saat bertemu dengan saya menyampaikan hal-hal berkaiatan dengan proses perbaikan di internal dan juga pencegahan-pencegahan korupsi. Saya kira itu yang membuat saya sangat tertarik," kata Jokowi.

ST Burhanuddin diketahui merupakan adik kandung TB Hasanuddin yang kini menjadi anggota DPR dari PDIP. Hasanuddin pernah menjadi Sekretaris Militer Kepresidenan di era Presiden Megawati Soekarnoputri.

Namun, Jokowi memastikan hubungan kekeluargaan tidak menjadi pertimbangannya dalam memilih figur Jaksa Agung. Sebab, pertimbangan bagi mantan gubernur DKI dalam memilih figur untuk mengisi posisi Jaksa Agung adalah profesionalitas dan rekam jejak Burhanuddin.

"Bahwa seseorang saudaranya di partai saya kira tidak boleh melihat itu. Saya menjamin Pak Jaksa Agung profesional dalam menjalankan tugasnya dalam penegakan hukum. Beliau mantan Jaksa Agung Muda berpengalaman. Saya lihat penampilan juga oke, tegas tetapi lembut. Ya kan?" tambah Jokowi.(fat/jpnn)

Jaksa Agung ST Burhanuddin diketahui merupakan adik kandung dari TB Hasanuddin yang seorang politikus PDIP.

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close