Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Inilah Huntap untuk Relokasi Warga Korban Erupsi Gunung Semeru

Rabu, 23 Februari 2022 – 18:45 WIB
Inilah Huntap untuk Relokasi Warga Korban Erupsi Gunung Semeru - JPNN.COM
Huntap tipe 36 di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang untuk relokasi warga korban erupsi Gunung Semeru. Foto: Humas Kementerian PUPR

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memulai pembangunan Hunian Tetap (Huntap) bagi warga korban erupsi Gunung Semeru, di Lumajang, Jawa Timur.

Pembangunan huntap itu dilakukan Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR bersama dengan BUMN Karya PT Brantas Abipraya dan PT Hutama Karya.

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan pembangunan rumah tersebut menggunakan teknologi RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) dan konstruksi knock down yang dapat dibangun dengan waktu cepat.

"Huntap RISHA yang dibangun adalah rumah tipe 36 di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, untuk relokasi warga terdampak erupsi," ujar Iwan dalam keterangan resmi, Selasa (2/22).

Warga yang direlokasi berasal dari di tujuh desa di Kabupaten Lumajang. yakni Desa Sumbersari, Kebondeli Utara, Kebondeli Selatan, Curah Koboan, Gumukmas, Kamarkrajan, dan Desa Kajar Kuning.

"Ditargetkan penyelesaian secara bertahap sebanyak 126 unit pada akhir Februari 2022 dan penyelesaian 1.825 unit pada akhir April 2022," ujar Iwan.

Pada kawasan relokasi korban erupsi Gunung Semeru itu juga disediakan fasilitas lain, seperti masjid, sekolah, sarana olahraga, lapangan, Ruang Terbuka Hijau (RTH), pasar, dan tempat pemakaman. (mcr18/fat/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Kementerian PUPR telah memulai pembangunan hunian tetap atau Huntap untuk relokasi warga korban erupsi Gunung Semeru.

Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Mercurius Thomos Mone

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close