Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Inilah Para Pembalap Wanita yang Pernah Berlaga di F1

Selasa, 25 Februari 2014 – 16:04 WIB
Inilah Para Pembalap Wanita yang Pernah Berlaga di F1 - JPNN.COM

jpnn.com - LONDON - Susie Wolff memang tengah menjadi buah bibir karena bakal menjalani dua sesi uji coba pada balapan Formula 1 musim ini. Namun, sebelum Susie mencuri perhatian, para penggemar F1 sudah dibuat takjub dengan beberapa wanita yang pernah tampil di balapan jet darat itu.

Maria Teresa de Filippis menjadi pembalap wanita pertama yang berlaga di F1. Wanita asal Italia itu pernah membela Maserati dan Behra Porsche pada rentang 1958-1959 silam.

Saat itu, Filippis bahkan pernah tiga kali berjibaku di balapan resmi. Sayangnya, Filipis tak mendapatkan satupun poin selama karirnya di balapan jet darat tersebut.

Jejak Filippis diikuti pembalap Italia lainnya Lella Lombardi. Inilah pembalap wanita tersukses di F1. Lombardi memperkuat March, RAM dan Williams pada rentang 1974-1976 silam.

Saat itu, Lombardi bisa membalap dalam 12 seri resmi. Total, wanita yang akhirnya meninggal karena kanker itu mendapatkan 0,5 poin. Prestasi paling fenomenal Lombardi ialah ketika finish enam besar pada seri Spanyol musim 1975 silam.

Setelah Lombardi pensiun, jejak itu diteruskan Divina Galica. Pembalap asal Inggris itu memperkuat tim Surtees dan Hesketh pada rentang 1976 dan 1978 silam. Sayangnya, Galica tak pernah berlaga di balapan resmi.

Desire Wilson meneruskan catatan sebagai pembalap wanita yang tampil di F1. Pembalap asal Afrika Selatan itu memperkuat Williams pada musim 1980 silam. Tapi, Wilson juga tidak pernah tampil di balapan resmi.

Pembalap wanita terakhir yang berlaga di F1 ialah Giovanna Amati. Wanita asal Italia itu membela Brabham pada musim 1992 silam. Namun, Amati juga gagal lolos kualifikasi di seri Brazil. (jos/jpnn)

LONDON - Susie Wolff memang tengah menjadi buah bibir karena bakal menjalani dua sesi uji coba pada balapan Formula 1 musim ini. Namun, sebelum Susie

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA