Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Iran Kirim Pesan ke PM Irak Akan Lakukan Serangan Balasan

Kamis, 09 Januari 2020 – 05:00 WIB
Iran Kirim Pesan ke PM Irak Akan Lakukan Serangan Balasan - JPNN.COM
Salah satu rudal milik Iran yang digeber dalam latihan militer. Foto: AP

jpnn.com, BAGHDAD - Sebelum serangan balasan Iran ke pangkalan-pangkalan militer AS di Irak, Perdana Menteri Irak Adel Abdul Mahdi mengaku sudah mendapat pesan dari Iran. Dalam pesan yang diterimanya, menurut juru bicaranya, Rabu (8/1), Iran menyebut bakal menembakkan peluru kendali sebagai balasan atas serangan pasukan Amerika Serikat yang menewaskan Jenderal Qassem Soleimani .

"Tak lama setelah tengah malam pada Rabu, kami menerima pesan lisan dari Republik Islam Iran bahwa tanggapan Iran terhadap pembunuhan syuhada Qassem Soleimani sudah dimulai atau akan dimulai," kata juru bicara PM Mahdi.

Serangan Iran itu meningkatkan risiko pada konflik yang dihadapinya dengan Washington di tengah kekhawatiran bahwa perang akan meluas di Timur Tengah.

Teheran mengatakan kepada Abdul Mahdi bahwa pihaknya hanya akan menyerang lokasi-lokasi keberadaan pasukan AS namun tidak menyebutkan secara rinci lokasi yang dimaksud, kata sang juru bicara dalam pernyataan.

Abdul Mahdi sedang menerima telepon dari Amerika Serikat ketika rudal-rudal berjatuhan di sayap Amerika di pangkalan udara tersebut, yang berada di Provinsi Anbar, serta di sebuah pangkalan udara di Erbil, kata juru bicara.

Belum ada laporan soal korban, baik dari militer Irak maupun pasukan pimpinan AS, katanya. (antara/jpnn)

Teheran mengatakan kepada Abdul Mahdi bahwa pihaknya hanya akan menyerang lokasi-lokasi keberadaan pasukan AS.

Redaktur : Elfany Kurniawan
Reporter : Elfany Kurniawan, Fajar W Hermawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close