Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Isi Alquran Bisa Menuntun Umat Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Selasa, 20 Oktober 2020 – 21:34 WIB
Isi Alquran Bisa Menuntun Umat Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 - JPNN.COM
Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia, Budiman Sudjatmiko. Foto: Instagram Budiman

jpnn.com, JAKARTA - Ilmu pengetahuan merupakan salah satu isi pokok kandungan kitab suci Alquran. Ungkapan alam terkembang jadi guru menjadi esessi Rahmatan Lil Alamin.

Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia Budiman Sudjatmiko menilai Alquran sebagai sumber ilmu pengetahuan bagi umat Islam.

"Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi sekarang sudah ada di Alquran. Tak perlu terlalu gembira, stres, atau galau soal perkembangan teknologi karena semua ini adalah masalah waktu saja," katanya dalam Webinar Seminar Nasional Peningkatan Spiritual Menuju Kebahagiaan Kehidupan Sejati di  Era Revolusi Industri 4.0, yang digelar IAIN Surakarta, Selasa (20/10).

Menurut Budiman, isi surat dalam kitab suci umat Islam itu bisa menjadi penuntun dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

Dalam berbagai surat, Alquran mengajarkan tentang berpikir kritis, manajemen waktu, semangat berbagi, dan bersyukur.

"Dalam Alquran, ilmu pengetahuan untuk berpikir kritis dan menaklukkan ruang dan waktu. Apa yang terjadi di masa pandemi ini adalah bukti ruang dan waktu harus mampu ditaklukkan manusia. Setelah itu kita harus berbagi, dan diakhiri dengan bersyukur," sambung salah satu penggagas Undang-Undang Desa ini.

Oleh karena itu, Budiman yang juga aktivis pro demokrasi di era Orde Baru ini mengajak generasi muda terutama generasi muda muslim untuk berkolaborasi dalam Inovator 4.0 Indonesia dalam menggali Alquran untuk perkembangan ilmu pengetahuan di era digital saat ini.

"Alquran memberikan teaser, agar manusia mengulik ilmu pengetahuan. Alquran ini kitab suci yang bukan jurnal ilmiah, tapi mengusik keingintahuan kita atas alam dan pemikiran-pemikiran atas alam serta misterinya," pungkas Budiman.

Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia Budiman Sudjatmiko menilai Alquran sebagai sumber ilmu pengetahuan bagi umat Islam.

Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close